IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Abdul Basit, Sapriya Sapriya, Kokom Komalasari, Rahmat Rahmat

Abstract


ABSTRAK

Model pembelajaran yang baik adalah model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad 21, sesuai perkembangan IPTEKS, dan dapat mengakomodir keinginan siswa tanpa adanya marginalisasi. Salah satu model pembelajaran yang sangat direkomendasikan oleh pemerintah adalah model projek based learning (PjBL) sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka. Metode penelitian dilakukan di SMAN 8 Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi, pengolahan data dan verifikasi dan kesimpulan secara komprehensif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ditemukan bahwa model PjBL mampu meningkatkan keterampilan siswa dengan baik. Model PjBL yang terdapat di SMAN 8 Malang telah digunakan oleh guru pendidikan Pancasila sebelum adanya IKM. Adanya pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) selama 1 tahun berjalan memperkuat posisi model pembelajaran ini. Sebab, tidak hanya pendidikan Pancasila saja harus memiliki luaran, melainkan seluruh mata pelajaran wajib menghasilkan produk atau hasil laporan baik secara individu maupun secara berkelompok. Dengan demikian, model PjBL menjadikan mereka terbiasa untuk terampil terutama dalam kerjasama, kolaborasi dan berkomunikasi dengan baik. Model PjBL juga mampu mengintegrasikan seluruh warga sekolah dengan lingkungan sekitar (kontekstual) dan memiliki dampak langsung yang sangat berharga pada pengalaman belajar mereka.

 

 

ABSTRACT

A good learning model is a learning model that suits the needs of the 21st century, is in line with developments in science and technology, and can accommodate students' desires without marginalization. One learning model that is highly recommended by the government is the project based learning (PjBL) model in accordance with the implementation of the independent curriculum. The research method was carried out at SMAN 8 Malang using a descriptive qualitative approach. Data collection techniques in this research used observation, interviews and documentation studies. Data analysis uses reduction, data processing and verification and comprehensive conclusions. Based on the research results obtained, it was found that the PjBL model was able to improve students' skills well. The PjBL model at SMAN 8 Malang was used by Pancasila education teachers before the existence of IKM. The implementation of a project to strengthen the profile of Pancasila students (P5) for 1 year has strengthened the position of this learning model. Because, not only Pancasila education must have outcomes, but all subjects must produce products or report results both individually and in groups. Thus, the PjBL model makes them accustomed to being skilled, especially in cooperation, collaboration and communicating well. The PjBL model is also able to integrate all school members with the surrounding environment (contextual) and has a very valuable direct impact on their learning experience.

Keywords


Model Project Based Learning; Keterampilan Siswa; Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Abdin, M., Langi, J.P., Wattimena, A. (2022).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Model Project Based Learning. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-8, 8(2), 216-223.

Ansyah, A.W.A. dan Handayani, T. (2022). Implementasi Model Project-Based Learning Dalam Membentuk Karakter Integritas Di Smk Muhammadiyah 2 Nganjuk. Jurnal Civic Hukum, 7(2), 164-17.

Attalina, S.N.C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran “Project Based Learning” Pada Mata Kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Di Unisnu Jepara, REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 267-274.

Dharma, S. dan Rosnah Siregar, R. (2014). Internalisasi Karakter Melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 132-137.

Ferawati. (2014). Penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa menuju program sekolah adiwiyata di SMP Negeri 15 Kota Malang. Retrieved from http://library.um.ac.id/ptk/ index.php?mod=detail&id=65301.

Grant, M. M. (2002). Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian: A middle school computer technologies journal, 5(1), 83.

Herpratiwi., Taufiqurrahman., Widodo, S., Effendi, R. (2021). Penerapan Project Based Learning Berbasis Keterampilan Sosial Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 487-495.

Iru, L. dan Arihi, L.O.S. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Model, Stategi dan Model-Model Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Presindo..

Kibtiyah, A.M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar, Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82-87.

Mahanani, P. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Menggunakan Model Inkuiri Dan Project Based Learning (PJBL) Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar, Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(1), 43-49.

Maryani, E. (2012). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Nainggolan, D., Pontororing, H.F., Tinus, D. (2021). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah pengantar Pancasila, Educouns Journal: Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 132-138.

Nugrohadi, S. dan Anwar, M.T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar, Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 77-80.

Nunn, R., Brandt, C., & Deveci, T. (2016). Project-based learning as a holistic learning framework: Integrating 10 principles of critical reasoning and argumentation. Asian ESP Journal, 12(2), 9-53.

Nusarastriya, Y.H., Sapriya., Wahab, A.A., Budimansyah, D. (2013). Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Project Citizen, Cakrawala Pendidikan, 22(3), 444-449.

Pratiwi, D.K., Mubasiroh, S.L., Hakim, A.L., Wulansari, R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning pada MKWU Pendidikan Pancasila Merdeka Belajar di Lingkungan Universitas Islam Indonesia pada Semester Ganjil 2021/2022. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 4(1), 485-506.

Rachmania, M. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik Kelas V Mi Nurul Huda Palmerah Jakarta Barat. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru MI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ramdani, E dan Marzuki. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Sikap Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 37-48.

Riyanti, I., Mahmud, Putra, N.L.J. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn melalui Project Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tamba, S. dan Yugopuspito, P. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar, Manajemen Kelas Dan Implementasi Project Based Learning Tehadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Aoej: Academy of Education Journal, 13 (1), 26-39.

Toslira, S. dan Nursi, M. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Di SMA Negeri 16 Padang. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Uktolseja, N.F., Nisa, A.F., Arafik, M., Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Merdeka Belajar dalam Pendidikan Taman siswa untuk Mewujudkan Generasi Adaptif di Abad 21.

Widyastuti, I., Utami, S., Uliyanti, E. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.20870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Basit, Kokom Komalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.