• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PEMBENTUKAN KARAKTER BIROKRAT INDONESIA YANG BERAKHLAK | Risda | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PEMBENTUKAN KARAKTER BIROKRAT INDONESIA YANG BERAKHLAK

    Dianni Risda, Edwin Nurdiansyah

    Abstract


    ABSTRAK

    Penelitian ini berupaya untuk memberikan informasi argumentatif tentang realitas hambatan, tantangan, strategi, dan upaya dalam membentuk karakter birokrat yang berakhlak, sekaligus memberikan rasionalisasi pentingnya pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi dalam pelayanan publik. Riset ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, analisis data, adalah, reduksi, display, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan Hasil riset yaitu: 1) hambatan dan tantangan yang bersifat dinamis dan kompleks, mengarah pada, realitas kompetensi birokrat, distorsi mental melayani, Revolusi Industri 4.0, serta kepastian hukum, 2) strategi dan upaya dalam membentuk karakter birokrat berakhlak, kapabel melalui, pendidikan dan pelatihan, peningkatan melek teknologi, program supervisi, serta kebijakan tentang kesejahteraan, 3) di era modern, birokrasi perlu mengoptimalkan kemajuan teknologi, informasi serta komunikasi, agar efektif dan efisien, supaya cekatan dan profesional. Sehingga pembentukan birokrat berakhlak menjadi solusi alternatif dalam mengatasi stigma juga stereotip mengenai dunia birokrasi yang dipandang kaku, konvensional, prosedural dan pragmatis, agar berubah menjadi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik berkelas dunia.

     

     ABSTRACT

    This study seeks to provide argumentative information regarding the reality of obstacles, challenges, strategies, and efforts in shaping the character of bureaucrats who have good morals, as well as to rationalize the importance of using technology, information, and communication in public services. This research was carried out through a qualitative approach with literature study methods, data analysis, namely, reduction, display, and verification or conclusion. The results of the research are: 1) dynamic and complex obstacles and challenges, leading to the reality of bureaucratic competence, mental distortion of serving , the Industrial Revolution 4.0, as well as legal certainty, 2) strategies and efforts in shaping the character of moral, capable bureaucrats through education and training, increasing technology literacy, supervision programs, and policies on welfare, 3) in the modern era, the bureaucracy needs to optimize technological progress , information and communication, to be effective and efficient, to be agile and professional. So that the formation of bureaucrats with character is an alternative solution in overcoming the stigma and stereotypes about the world of bureaucracy which is seen as rigid, conventional, procedural and pragmatic, so that it turns into world-class governance and public services.

    Keywords


    Berakhak, Birokrat, Karakter

    Full Text:

    PDF

    References


    Arisaputra, M. I. (2013). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Penyelenggaraan Reforma Agraria di Indonesia. Yuridika, 28(2), 188-216. doi: http://dx.doi.org/10.20473/ydk.v28i2.1881

    Aruperes, F., Kaawoan, J., & Sumampouw, I. (2019). Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi di Kecamatan angowan Barat Kabupaten Minahasa). Jurnal Eksekutif, 3(3), 1-9.

    Cook, K. Given, L. Keam, G. & Young, L. (2019). Technological Opportunities for Procedural Justice in Welfare Administration: A Review of Available Apps. Critical Social Policy, 00(0), 1-22. doi: https://doi.org/10.1177%2F0261018319860498

    Fitzsimmons, J. A. & Fitzsimmons, M. J. (2001). Service Management: Operations, Strategy, and Information Technology. Third Edition. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

    Ginting, D. C. B. & Kartika, I. G. A. P. (2018). Perlindungan Kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui Pemberian Jaminan Sosial. Kertha Semaya, 1(9), 1-12.

    Hayat. (2014). Pengawasan Masyarakat dan Kinerja Birokrasi Pemerintah. Jurnal Kebijakan dan Manejemen PNS, 8(1), 31-44.

    Hasanah, D. I. (2019). Moral dan Etika Birokrasi dalam Pelayanan Publik. JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1), 48-58.

    Henriyah, E. (2018). Pengawasan Masyarakat dan Kinerja Birokrasi Pemerintah. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(1), 26-39.

    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2021). Panduan Perilaku Insan Pupr Sesuai Dengan Core Values Berakhlak. Jakarta: Kemen PUPR.

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Jakarta: Kemendikbud.

    Kosasih, A. (2018). Optimalisasi Pelayanan Publik melalui Peningkatan Kinerja Pegawai pada PDAM Tirta Kerta Raharja. Journal of Government and Civil Society, 2(1), 51-62. doi: http://dx.doi.org/10.31000/jgcs.v2i1.776

    Lonto, A. L. (2019). Students' Civic Disposition through Learning Civics and Pedagogical Competences of High School Teachers. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 35-41. doi: https://doi.org.10.13189/ujer.2019.071905

    Marliani, L. (2017). Penerapan Nilai-Nilai Etika bagi Birokrasi Pemerintah dalam Mewujudkan Good Governance dan Clean Government. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(4), 542-547. doi: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i4.875

    Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

    Morgan and Murgatroyd. (1994). Total Quality Management in the Public Sector: An international perspective. Philadelphia: Open University Press.

    Muharam, R. S. & Melawati, F. (2019). Inovasi Pelayanan Publik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Bandung. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 39-47.

    Nugroho, T. W. A. (2017). Analisis E-Government terhadap Pelayanan Publik di Kementerian Hukum dan HAM (Analysis of E-Government to Public Services in the Ministry of Law and Human Rights). Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 10(3), 279-296. doi: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2016.V10.279-296

    Nurita, R. F. (2016). Penerapan Layanan E-Government dalam Perwujudan Good Governance di Pemerintah Kota Malang. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(2), 238-246. doi: https://doi.org/10.26905/idjch.v7i2.1914

    Sartika, D. (2013). Analisis Perilaku Birokrasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kelurahan Lambara Kecamatan Tawaeli. Katalogis, 1(7), 135-146.

    Setiawan, A., & Fauzi, E. A. (2019). Etika Kepemimpinan Politik dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Indonesia. Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan (JPK), 1(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.18196/jpk.v1i1.7614

    Warjiyati, S. (2018). Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelaksanaan Pemerintahan di Indonesia. Prosding APPPTMA Ke-8, (hlm. 1-10. Medan: UMSU Press.

    World Economic Forum. (2019). The Global Competitiveness Report 2019. Swiss: WEC.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21074

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Dianni Risda

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.