PEMBINAAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI SDN 17 REJANG LEBONG

Atika Susanti, Ady Darmansyah, Kristian Harianto

Abstract


ABSTRAK

Sekolah merupakan lingkungan yang dirancang untuk mempersiapkan siswa menjadi calon warga negara yang baik. Salah satu tujuan SDN 17 Rejang Lebong adalah memberikan keterampilan dasar kepada siswa untuk menyesuaikan diri di masyarakat. Pembentukan calon warga negara yang baik merupakan tujuan khusus pembelajaran PPKn. Salah satu sikap yang harus dikembangkan untuk menjadi warga Indonesia yang baik adalah demokratis. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembinaan sikap demokratis siswa kelas VI melalui pembelajaran PPKn di SDN 17 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pedoman observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan kegiatan data collection, data condensation, data display, conclusion drawing. Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan sikap demokratis melalui pembelajaran PPKn di kelas VI SDN 17 Rejang Lebong dilaksanakan dalam kegiatan diskusi kelompok, pembelajaran dengan praktik pemilihan ketua kelas, penerapan model pembelajaran yang menyenangkan berupa permainan. Kegiatan pembinaan ini terus berkembang pada ranah praktis.

 

ABSTRACT

School is an environment designed to prepare students to become good citizens. One of the goals of elementary school 17 Rejang Lebong is to provide students with basic skills to adapt to society. The formation of good prospective citizens is the specific goal of Civics learning. One of the attitudes that must be developed to become a good citizen of Indonesia is democracy. The aim of the research was to describe the development of the democratic attitude of class VI students through Civics learning at elementary school 17 Rejang Lebong. The research method used by researchers is descriptive qualitative. Data collection techniques using observation techniques, interviews and documentation. The data collection instruments were observation guide sheets, interview sheets and documentation. Data were analyzed by carrying out data collection activities, data condensation, data display, conclusion drawing. The conclusions from the results of the study indicate that fostering democratic attitudes through Civics learning in class VI of elementary school 17 Rejang Lebong is carried out in group discussion activities, learning by practicing selecting class leaders, applying fun learning models in the form of games. This coaching activity continues to develop in the practical realm.


Keywords


sikap demokratis; Pembelajaran PPKn; Siswa Sekolah Dasar; Democratic Attitude; CIvic Learning, Elementary School Students

Full Text:

PDF

References


Akhwani. (2019). Strategy of Digital Etiquette Education of Elementary School Student. Journal of Elementary Education, 3(2), 43.

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=fT3NDwAAQBAJ

Asmaroini, A. P., Prihma, D., & Utami, S. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Demokrasi Siswa SMA di Kabupaten Ponorogo. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kewarganegaraan), 2(2), 79–84.

Astuti, H. P. dan, & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karekter, 7(2), 226–239.

Dundar, H. (2013). Relationship between values owned by teacher candidates and their democratic attitudes. The Journal of Academic Social Science Studies, 6(2), 367–381.

Gultom, Z. A., & Savitri, J. (2021). Hubungan Teacher Support dengan School Engagement Pada Siswa SMP “X” di Bandung. Jurnal Psikologi MANDALA 2021, 5(1), 29–42. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/1628

Hayati, M. (2014). Desain Pembelajaran. Pekanbaru, Yayasan Pustaka Riau.

Ibda, F. (2012). Pendidikan Moral Anak melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2), 338–347.

Kula, S. S., & AytaÇ, T. (2022). Comparative Analysis of Democratic Attitude and Value Perceptions of School Administrators, Teachers, Preservice Teachers and Students: A Meta-Analysis Study. International Journal of Psychology and Educational Studies, 9(1), 244–261. https://doi.org/10.52380/ijpes.2022.9.1.558

Kunandar. (2011). Guru profesional: implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada.

Maolia, N., Bramasta, D., & Andriani, A. (2020). Sikap Toleransi dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri 1 Patikraja. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 22–29. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i1.3866

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC

Mujiwati, Y. (2017). Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Islam Untuk Membangun Karakter Masyarakat. Jurnal Kajian Islam, 1(2), 180–189.

Pradana, Y., & Komalasari, K. (2023). Aktualisasi Warga Global yang Humanis. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik PKN, 10(01), 1–11.

Puspitasari, E., Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Integrasi Berpikir Kritis dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 122–126. doi: 10.17977/jp.v1i2.6106.

Rahayu, N. K. S., & Suarnadi, D. K. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Nilai Karakter Bangsa Terhadap Sikap Demokrasi Siswa di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 71–80. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Rini, N. D. A. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 164–168. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i3.1882

Rodiyana, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).

Rohman., Suntoro, I., Adha, M. dan, & Yanzi, H. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Aplikasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Kajian Teori Dan Praktik PKn, 7(2), 152–160.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sultonurohmah, N., Penanaman, S., Karakter, N., Stai, N. S., & Tulungagung, D. (2017). Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Siswa. Jurnal Allbtida’, 5(2), 1–21.

Sutiyono, & Suharto, D. (2018). Reformasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda di Wilayah Perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 1–16.

Ulfah, R. A., Prasetyo, D., & Marzuki. (2018). Pengaruh Model PBM Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 126–139. http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship

Vichaully, Y., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Demokrasi di Kelas Sekolah Dasar Sebagai Bentuk Bagian Dari Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 1(11).

Wadu, L. B. (2016). Partisiasi Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan Bidang Kebudayaan (Studi Fenomenologi: Konversi Belis Gading Gajah Dalam Upacara Adat Perkawinan Masyarakat Lamaholot Di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur). Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 15(2), 57–74.

Wardan, K. (2019). Guru Sebagai Profesi. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=DHmfDwAAQBAJ

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Pustaka Pelajar. https://books.google.co.id/books?id=Po-jMQEACAAJ

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Fx0mEAAAQBAJ

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas yang Kondusif di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karekter, 4(1), 175–184.




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.21687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Atika Susanti, Ady Darmansyah, Kristian Harianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.