• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PEMBENTUKAN KARAKTER KEBANGSAAN BERBASIS NILAI-NILAI KENUSANTARAAN | Kurniawati | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PEMBENTUKAN KARAKTER KEBANGSAAN BERBASIS NILAI-NILAI KENUSANTARAAN

    Eni Kurniawati, Matang Matang

    Abstract


    ABSTRAK

    Penelitian ini bertujuan untuk menemukan metode dalam pembentukan karakter warga negara muda agar memiliki semangat kebangsaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini berlokasi di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini yaitu: 1) pembentukan karakter warga negara muda melalui pembelajaran wawasan kebangsaan yang meliputi cinta tanah air, nasionalisme dan pentingnya rasa persatuan dan kesatuan. 2) penanaman wawasan kejuangan berupa sikap pantang menyerah, patriotis dan rela berkorban. 3) wawasan kebudayaan yang merupakan sikap menjunjung tinggi nilai-nilai adiluhung bangsa Indonesia dan menghargai kebudayaan yang multikultural. 4) pembentukan karakter juga didukung oleh guru yang berperan sebagai pamong yang menerapkan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu pengayoman, pengajaran, pengasuhan, dan keteladanan. Proses pembentukan karakter kebangsaan berbasis nilai-nilai kenusantaraan membentuk pribadi warga negara muda di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah menjadi lebih nasionalis, dan patriotik.

     

    ABSTRACT

    This study aims to find methods in building the character of young citizens so that they have a national spirit. This study uses a qualitative method with a case study approach. This research is located at SMA Taruna Nusantara Magelang, Central Java. Data was collected through interviews, observation, and documentation. Data were analyzed using data triangulation techniques. The results of this study are: 1) the formation of the character of young citizens through learning national insight which includes love for the motherland, nationalism and the importance of a sense of unity and oneness. 2) the cultivation of fighting insights in the form of unyielding, patriotic and self-sacrifice attitudes. 3) cultural insight which is an attitude of upholding the noble values of the Indonesian nation and respecting multicultural culture. 4) character building is also supported by teachers who act as tutors who apply Ki Hajar Dewantara's educational philosophy, namely protection, teaching, nurturing, and exemplary. The process of forming a national character based on archipelagic values forms the personality of young citizens at SMA Taruna Nusantara Magelang, Central Java, to become more nationalist and patriotic.


    Keywords


    Karakter, Kebangsaan, Nilai, Nusantara

    Full Text:

    PDF

    References


    Akhmad, B., Maryadi, M., & Fuadi, D. (2023). Manajemen Pembelajaran di Boarding school SMA MTA Surakarta di Masa Pandemi Covid-19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2211–2222. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1599

    Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304.

    Anwar, A., Enjeli, I. I., Agusti, N. L., & Fadlurrohman, R. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pemahaman Masyarakat Mengenai Wawasan Kebangsaan di Era Society 5.0. Advanced In Social Humanities Research, 1(4), 225–231.

    Anwar, K., Kurniawat, N., & Yuliasari, F. (2023). Pengembangan dan Implementasi Program Manajemen Pendidikan Budaya Transformatif untuk Sekolah Dasar. Al-DYAS, 2(2), 403–423.

    Aprilia, A., & Nawawi, E. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 109–120.

    Ardi, P. H., Elmuna, E. A. F., Zamroni, M. A., & Yaqin, M. A. (2020). Implementasi Project Management Body of Knowledge (PMBOK) pada Organisasi Pondok Pesantren. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 2(3), 314–328. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v2i3.166

    Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

    Bahri, M. S., Mispani, M., & Tukiran, T. (2021). Education Character Perspective of KH Hasyim and Hafidz Hasan Al-Mas’ udi. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 16–45.

    Danti, N. R., Benty, D. D. N., & Nurabadi, A. (2019). SISTEM PENGASUHAN DALAM KURIKULUM KHUSUS SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMA BERBASIS KETARUNAAN. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 232–237. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p232

    Digdoyo, E. (2019). RUMAH PUSPO BUDAYA NUSANTARA SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TARI NUSANTARA. Integralistik, 30(1). https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i1.20778

    Dirsa, A., Batubara, A. K. S., Jalal, N. M., Rahmawati, R., Risan, R., Priyantoro, T., Aji, S. P., Pratiwi, E. Y. R., & Hasriani, G. (2022). Pendidikan Karakter. Get Press.

    Faiz, F. R. F., Nurhadi, N., & Rahman, A. (2021). Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 309–326.

    Fakhiroh, N. Z., Suprijono, A., & Jacky, M. (2020). Etnopedagogi Kesenian Reog Cemandi Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 231–231.

    Fauziah, I. N. N., & Dewi, D. A. (2021). Membangun semangat nasionalisme mahasiswa melalui pendidikan kewarganegaraan. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 93–103.

    Gunawan, R., Badarussyamsi, B., & Musa, M. (2022). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKANNILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURALDI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KOTA JAMBI [PhD Thesis]. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

    Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60.

    Hanipah, R., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penguatan Karakter Cintah Tanah Air Melalui Pemahaman Wawasan Kebangsaan Abad 21. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 678–683.

    Hasanah, S. U. (2019). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DALAM RANGKA PEMBINAAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN SISWA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 211. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1443

    Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31.

    Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. sage.

    Ikhtiarti, E., Adha, M. M., & Yanzi, H. (2019). Membangun generasi muda smart and good citizenship melalui pembelajaran ppkn menghadapi tantangan revolusi industri.

    Komalasari, K. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126.

    Kurniawan, S. T. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter sebagai Upaya Pembudayaan dan Pelembagaan Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda. REFLEKSI 20 TAHUN REFORMASI PENDIDIKAN, PENGAJARAN, DAN KEBUDAYAAN, 94.

    Leasa, M., & Batlolona, J. R. (2017). FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMKN13 KOTA MALANG. 6.

    Maharani, D., & Kristian, I. (2021). Konservasi Moral Dan Pembentukan Karakter Menuju Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas. Jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial, 19(3), 49–59.

    Marzuki, M., & Samsuri, S. (2022). The strategy of three education centers for Strengthening Character Education in Indonesia in the era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(1).

    Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81.

    Muhibi, A. R., & Arifin, C. W. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 70–78.

    Mujahidin, E., & Syiddiq, J. (2022). Program Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Madrasah Aliyah Daarul ‘Uluum Lido melalui Organisasi di Era Pandemi Covid-19. Rayah Al-Islam, 6(01), 64–79. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.521

    Mumu, M., & Danial, A. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 109–121.

    Muslimin, I. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 108–130.

    Mustofa, Z., & Setiyowati, R. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA DI SEKOLAH BERASRAMA DALAM MENGHADAPI MASALAH SOSIAL. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.12479

    Nitte, Y. M., & Bulu, V. R. (2020). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 38. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2326

    Nurhasanah, S. (2021). INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TOLERAN. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 133–151.

    Priyambada, L. S. (2023). Membentuk Karakter Siswa Melalui Nilai-Nilai Kejujuran Terhadap Siswa Kelas IV Era Masa Kini di SDK Marga Bhakti: Indonesia. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 8(1), 79–85.

    Rahmawati, M. (2020). PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA. 5(1).

    Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 475–480. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779

    Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 696–711.

    Rismayanti Sari Dewi, P. W. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Terhadap Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Hindu. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 1(1), 55. https://doi.org/10.25078/japam.v1i1.2191

    Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207.

    Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Kajian Wawasan Nusantara melalui Local Wisdom NRI yang Mendunia dan Terampil dalam Lagu Nasional dan Daerah Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 197–209.

    Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of character education through a holistic approach to senior high school students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470.

    Setiawati, I. R. (2023). Menimbang Kampung Moderat: Memaknai Kehidupan Sosial-Budaya Masyarakat Multietnik di Desa Sea. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(1), 178–188.

    Sholahudin, S. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Lembaran Kitab Kuning Kedalam Kehidupan Santri Sebagai Ciri Khas Pendidikan Islam Nusantara (Studi Kasus di PP Al-mustaqim Bugel Kedung Jepara). Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 44–59. https://doi.org/10.33363/swjsa.v5i1.820

    Siswoyo, D., Rukiyati, R., & Hendrowibowo, L. (2020). Nilai-nilai dan metode pendidikan karakter di taman kanak-kanak di Banjarmasin. FOUNDASIA, 11(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i1.32485

    Sofha, G. F., Nabila, I., Yusriyyah, M. Z., & Annisa, N. (2023). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA. Advanced In Social Humanities Research, 1(4), 408–420.

    Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.

    Supatmo, S. (2021). Meneguhkan Literasi Multikultural Melalui Pendidikan Seni: Perspektif dan Urgensi Pembelajaran Seni Budaya Abad 21 di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 032–038.

    Syafruddin, M. A., Jahrir, A. S., & Yusuf, A. (2022). PERAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 10(2), 73–83.

    Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.4

    Zubaidah, S. (2019). Pendidikan karakter terintegrasi keterampilan abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1–24.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22509

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Eni Kurniawati, Mariyani Mariyani

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.