URGENSI PENGEMBANGAN BUKU AJAR MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF DI PERGURUAN TINGGI

Camellia Camellia, Puspa Dianti, Deskoni Deskoni

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui urgensi dari pengembangan Buku Ajar Media Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di perguruan Tinggi. Mengingat buku ajar merupakan salah satu komponen atau sumber belajar yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses pencarian informasi mengenai materi yang sedang dipelajari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang mencoba menggali berbagai informasi dari berbagai sumber referensi seperti berbagai jurnal dan buku. Setelah pengkajian dari berbagai literatur dilakukan analisis dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian dan analisis dari berbagai literatur yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa pengembangan Buku Ajar Media Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Perguruan Tinggi penting untuk dilakukan sehingga dapat menambah alternatif sumber pembelajaran yang tersedia saat ini. Dengan adanya buku ajar ini diharapkan proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik serta inovatif dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya.

 

ABSTRACT

The purpose of writing this article is to determine the urgency of developing Creative and Innovative Learning Media Textbooks in higher education. Remembering that textbooks are one component or learning resource that can be used by lecturers and students in the process of searching for information regarding the material being studied. The method used in this research is a literature study which tries to dig up various information from various reference sources such as various journals and books. After reviewing various literature, analysis and conclusions are drawn. Based on the results of the study and analysis of various literature carried out, it was concluded that the development of Creative and Innovative Learning Media Textbooks in Higher Education is important because the available learning resources are still limited in Creative and Innovative Learning Media Courses and students need a primary reference source. to carry out the lecture activities.


Keywords


Urgensi, Pengembangan, Buku Ajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, A., & Syahbrudin, J. (2021). Pentingnya Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbasis Praktik Penyelesaian Masalah dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2): Hal 17–26.

Arum, W. S. A. (2006). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI PERGURUAN TINGGI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 14(VII): Hal: 66–75. https://doi.org/10.21009/PIP.142.8

Andi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal ofPhysical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8): Hal: 524–535.

Camellia, & Dianti, P. (2016). Bahan Ajar PPKn Berbasis Nilai-nilai Karakter dalam Membentuk Sikap/Watak Kewargnegaraan Siswa (Civic Dispositions). Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 3(1), 15–21.

Febrianto, R. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar untuk Mahasiswa Program Studi PPKn Jurusan PIPSdi STKIP Trenggalek. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: PPS UM.

Istiqlal, A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, (Online), 3 (2): Hal: 139-144. (https://stkip-pessel.ac.id) diakses 28 Agustus 2019

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam DuniaPendidikan. IJPE: Indonesian Journal of Primary Education, 3(1). https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An ExpandedSourcebook. Beverly Hill: Sage Publications Inc.

Nurhabibah, P., Rokhman, F., & Setyaningsih, N. H. (2022). Urgensi Pengembangan Buku Aktivitas Bermuatan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9861-9867.

Purnomo, D. (2013). Konsep Design Thinking Bagi Pengembangan Rencana Program dan Pembelajaran Kreatif Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konferensi Nasional “Inovasi Dan Technopreneurship” IPB International Convention Center, Mkk, 2308, Hal: 18–19.

Tahya, D., & Saija, M. (2023). Buku Ajar Pembelajaran Inovatif. Penerbit Feniks Muda Sejahtera. https://books.google.co.id/books?id=iwrHEAAAQBAJ&pg=PA13&dq=Buku+ajar+pembelajaran&hl=ban&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwiL36jooKeBAxWozjgGHU6jCB8Q6AF6BAgMEAM#v=onepage&q=Buku%20ajar%20pembelajaran&f=true

Umarella, S., Saimima, M.S., dan Hussein, S. 2018. Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, (Online), 3 (2): Hal: 234-241. (https://jurnal.iainambon.ac.id) diakses 25 Agustus 2019.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran : Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Semarang: Tiram Media https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Teknologi_Media_Pembelajara/OhTJEAAAQBAJ?hl=ban&gbpv=0&kptab=overview




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Camellia Camellia, Puspa Dianti, Deskoni Deskoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.