• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR YANG BERBASIS NILAI-NILAI UNTUK MEMBANTU GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MEMBELAJARKAN PPKn | Kurnisar | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR YANG BERBASIS NILAI-NILAI UNTUK MEMBANTU GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MEMBELAJARKAN PPKn

    Kurnisar Kurnisar, Umi Chotimah

    Abstract


    Tujuan penelitian ini adalah untuk  menghasilkan bahan ajar/Lembar Kerja Siswa(LKS) yang berbasis nilai-nilai untuk membantu guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membelajarkan PPKn. Metode penelitian yang digunaka adalah Development Research (Design Research). Ada dua tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation  yang meliputi self evaluation, prototyping expert (ahli) reviews dan one-to-one, dan small group), serta field test. Prototipe divalidasi oleh dua orang expert (ahli) di bidang PPKn. Pelaksanaan field test dilakukan oleh salah seorang guru PPKn di salah satu SMP Negeri di Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Simpulannya bahwa penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan bahan ajar berupa LKS yang valid dan praktis untuk membantu guru PPKn dalam membelajarkan PPKn dengan KD Menumbuhkan Kesadaran dan Keterikatan Terhadap Norma yang berbasis nilai-nilai yang dikembangkan dan dihasilkan telah memenuhi kriteria validitas dan praktis. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa, ini terbukti dari adanya peningkatan hasil tes formatif 1 dan formatif 2 menunjukkan bahwa bahwa 70 % siswa mengalami peningkatan sangat tinggi, 26,66 % siswa yang nilainya tetap (tidak meningkat), dan terdapat 3,33% siswa yang justru nilainya menurun. Selanjutnya jika ditinjau dari aspek sikap siswa sejumlah 86,66 % siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran PPKn dengan menggunakan bahan ajar berupa LKS berbasis nilai-nilai

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i1.4530

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2014 Kurnisar Kurnisar, Umi Chotimah

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.