PEMBINAAN DAN PELATIHAN MERANCANG INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESMENT SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU-GURU PPKn SMP SE-KABUPATEN OGAN ILIR

Umi Chotimah, Sri Artati Waluyati, Mulkan Mulyadi HD

Abstract


Tujuan dari kegiatan pembinaan dan pelatihan ini adalah para guru PPKn SMP se-kabupaten Ogan Ilir mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam membuat perangkat penilaian autentik yang relevan dengan matapelajaran PPKn sesuai kurikulum 2013, sehingga guru dapat lebih meningkatkan kualitas penilaian serta menimbulkan rasa percaya diri dan kemantapan guru-guru PKn SMP dalam mempersiapkan diri untuk memberikan penilaian atau evaluasi hasil belajar siswa sesuai dengan kurikulum PPKn SMP tahun 2013. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu dilakukan pre-test, menerima materi dan perancangan penilaian autentik, post-test dan pemodelan guru. Hasil tes awal terlihat sebagian guru sudah memiliki pemahaman tentang penilaian autentik dan sebagian lagi belum terlalu memahami. Dilihat dari segi proses, seluruh peserta (21 orang) guru antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, kemudian dari segi hasil perbandingan nilai tes awal dan tes akhir diperoleh 100% peserta mengalami peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuannya tentang penilaian autentik, lalu selanjutnya dari segi praktek, ternyata para guru telah berhasil/mampu membuat/merancang instrumen penilaian otentik pada matapelajaran PPKn SMP sesuai kurikulum 2013.

Full Text:

PDF () PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Umi Chotimah, Sri Artati Waluyati, Mulkan Mulyadi HD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.