PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRYPADA MATA KULIAH HUKUM PAJAK DI PROGRAM STUDI PPKN FKIP UNSRI

Emil El Faisal, Mulkan Mulyadi HD

Abstract


Penelitian yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquirypada Mata Kuliah Hukum Pajak di Program Studi PPKn FKIP UNSRI†dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak pada periode semsester ganjil tahun akademik 2013-2014. Sehingga dirasa sangat perlu untuk melakukan penelitian terkait hal tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Inquirydi program studi PPKn FKIP Unsri. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober dan Nopember 2014 dengan menerapkan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek yang ditetapkan adalah mahasiswa yang mengikuti matakuliah hukum pajak pada semester ganjil tahun akademik 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak. Hal tersebut dapat dilihat dari tren positif perolehan nilai hasil tes mahasiswa yang menunjukkan peningkatan mulai dari hasil pretes (nilai rata-rata 57), siklus pertama (nilai rata-rata 67) hingga siklus kedua (nilai rata-rata 88). Diharapkan kepada dosen yang mengampu mata kuliah huku m pajak, baik pada semster ganjil 2014-2015 maupun pada semester tahun ajaran berikutnya agar menerapkan model pembelajaran Discovery Inquiry sebagai salah satu model yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran berlangsung kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Emil El Faisal, Mulkan Mulyadi HD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.