ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA TERHADAP KEKERASAN PADA ANAK DI SEKOLAH DAN SOLUSINYA

Kurnisar Kurnisar, Sri Artati Waluyati

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kekerasan anak-anak yang terjadi di sekolah dan solusi apa yang bisa diberikan oleh mahasiswa untuk mengatasi kekerasan tersebut?. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi mahasiswa tentang  kekerasan terhadap anak di sekolah dan ntuk mengetahui keinginan mahasiswa tentang solusi untuk mengatasi kekerasan terhadap anak di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan angket (kuisioner). Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Sriwijaya yang masih aktif kuliah yaitu semester I sampai dengan semester VII Kampus Indralaya. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis puposive sampling. Sampel penelitian ini dari semua populasi yakni dari mahasiswa PPKn semester I sampai semester VII yang masih aktif mengikuti perkuliahan Kampus Indralaya. Data dikumpulkan dengan teknik pencatatan data dan angket (kuisioner). Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif  yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Dari hasil analisis data hasil penelitian yang diperoleh melalui pencatatan data, pengumpulan data/informasi dan penyebaran angket (kuisioner) menurut responden kekerasan terhadap anak-anak bukan hanya dapat terjadi dilingkungan sekolah saja namun bisa dimana saja, baik itu dlingkungan masyarakat maupun dirumah. Cara penanggulangan yang efektif adalah dengan memberikan informasi terhadap anak secara dini dengan pendidikan formal mengenai jenis atau macam bentuk kekerasan sehingga apabila hal tersebut terjadi anak-anak dapat melaporkannya kepada orang terdekat serta anak-anak harus mendapatkan perhatian yang lebih baik itu oleh orangtua dirumah maupun guru sebagai pendidik juga sekaligus sebagai orangtua pengganti disekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.