PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DILEMA MORAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA PGRI INDRALAYA

Hermanto Hermanto, Mulkan Mulyadi HD, Sri Artati Waluyati

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh penerapan metode diskusi dilema moral pada mata pelajaran Pkn terhadap kemampuan berpikir kritis siswadi SMA PGRI Indralaya.†Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa di SMA PGRI Indralaya yang berjumlah 123 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IA berjumlah 11 orang sebagai kelas eksperimen dan IS berjumlah 16 orang sebagai kelas kontrol di SMA PGRI Indralaya. Tenik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Teknik tes dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan tiga kali tes yang diujikan. Pada kelas eksperimen rata – rata nilai tes yang diperoleh siswa yang berkenaan dengan kemampuan bepikir kritis sudah memiliki kemampuan yang cukup baik dengan rata – rata mendapatkan nilai 85 dan rata – rata rekapitulasi hasil observasi sudah cukup baik yaitu memperoleh rata – rata nilai 85. Pada kelas kontrol rata – rata hasil tes yang diperoleh siswa yaitu memperoleh rata – rata nilai 75 dan rata – rata nilai yang diperoleh melalui observasi dengan memperoleh rata – rata nilai 75. Teknik analisa data menggunakan bantuan SPSS Windows 21 untuk uji-t yaitu uji hipotesis dengan rumus independent sample t-test. Dari hasil pengolahan data dan analisis hasil penelitian serta pembahasan secara keseluruhan diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan baik. Dengan uji-t menunjukan t hitung >t tabel yaitu 7,651>1,708.Oleh karena itu penerapan metode diskusi dilema moral dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Hermanto Hermanto, Mulkan Mulyadi HD, Sri Artati Waluyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.