TUGAS DAN WEWENANG KEPALA DESA DALAM PENDIDIKAN FORMAL DI DESA ULAK KEMBAHANG 2 KECAMATAN PEMULUTAN BARAT KABUPATEN OGAN ILIR

Endy Rahmatullah, Kurnisar Kurnisar, Mulkan Mulyadi HD

Abstract


Penelitian dengan judul “Tugas dan Wewenang Kepala Desa dalam Pendidikan Formal di Desa Ulak Kembahang 2 Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir†ini mengambil permasalahan bagaimana tugas dan wewenang kepala desa dalam pendidikan formal di Desa Ulak Kembahang 2 Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Ulak Kembahang 2 dan seluruh pemimpin lembaga pendidikan formal yang berada di wilayah pemerintahan Desa Ulak Kembahang 2 dengan jumlah seluruh populasi lima orang. Teknik dalam penentuan sampel pada skripsi ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel.  Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, sampai dengan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis dan pembahasan data hasil wawancara ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan kebijakan dari tugas dan wewenang kepala desa Ulak Kembahang 2 dalam pendidikan formal dinilai baik hal ini terlihat dari partisipasi yang telah dilakukan kepala desa kepada lembaga pendidikan formal. Saran dalam penelitian ini agar kiranya partisipasi yang dilakukan kepala desa Ulak Kembahang 2 dapat lebih merata ke semua jenjang pendidikan formal yang berada di wilayah pemerintahannya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.