PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN PADA MATAPELAJARAN PKN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA

Asaduddin Asaduddin, Emil El Faisal, Kurnisar Kurnisar

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Indralaya yang berjumlah 195 siswa.  Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimendan X IPS 1 berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data menggunakan bantuan SPSS 21. Dari hasil analisis data hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 4.844 > ttabel = 2.000 pada tarap signifikan 5% dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Oleh karena itu model pembelajaran project citizen dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.