• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN PADA MATAPELAJARAN PKN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA | Asaduddin | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN PADA MATAPELAJARAN PKN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA

    Asaduddin Asaduddin, Emil El Faisal, Kurnisar Kurnisar

    Abstract


    Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Indralaya yang berjumlah 195 siswa.  Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimendan X IPS 1 berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data menggunakan bantuan SPSS 21. Dari hasil analisis data hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 4.844 > ttabel = 2.000 pada tarap signifikan 5% dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Oleh karena itu model pembelajaran project citizen dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4546

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2014 Asaduddin Asaduddin, Emil El Faisal, Kurnisar Kurnisar

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.