• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATAPELAJARAN PKn TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTs NURUL HILAL SENURO KECAMATAN TANJUNG BATU | Asnah | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATAPELAJARAN PKn TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTs NURUL HILAL SENURO KECAMATAN TANJUNG BATU

    Asnah Asnah, Emil El Faisal

    Abstract


    Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Matapelajaran PKn di Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro Kecamatan Tanjung Batu.†Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran PKn di kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro kecamatan Tanjung Batu?â€. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran PKn di kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro kecamatan Tanjung Batu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive sampling yaitu  kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol. Adapun  tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran Crosswoord Puzzle dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTs Nurul Hilal Senuro dengan taraf signifikan sebesar 5% atau α = 0,05. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen sebesar 79%  lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 56%.  Secara statistik melalui analisis uji-t diperoleh nilai thitung  lebih besar dari ttabel (thitung = 14,735> ttabel = 2,007) dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha  yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran Crosswoord Puzzle dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTs Nurul Hilal Senuro kecamatan Tanjung Batu

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4548

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2014 Asnah Asnah, Emil El Faisal

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.