• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH PENERAPAN STRATEGI TURNAMEN BELAJAR (LEARNING TOURNAMENT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PKn KELAS VII di SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA | Sari | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH PENERAPAN STRATEGI TURNAMEN BELAJAR (LEARNING TOURNAMENT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PKn KELAS VII di SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA

    Anita Sari, Kurnisar Kurnisar, Emil El Faisal

    Abstract


    Penelitian ini berjudul tentang pengaruh penerapan strategi turnamen belajar (learning tournament) terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran Pkn kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “ adakah pengaruh penerapan strategi turnamen belajar (learning tournament) terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran Pkn kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Raja?â€. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi turnamen belajar (learning tournament) terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran Pkn kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Penelitian yang telah  dilakukan ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.5 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, adalah teknik dokumentasi dan observasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi turnamen belajar (learning tournament) terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran Pkn kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil observasi yang dilakukan peneliti, untuk kelas eksperimen yaitu 68% lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol yaitu 54%. Secara statistik melalui analisis uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar daripada ttabel  (thitung =8,697>ttabel =1,999) dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan, ada pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi turnamen belajar (learning tournament) terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran Pkn kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Raja.

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i2.4550

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2014 Anita Sari, Kurnisar Kurnisar, Emil El Faisal

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.