PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI EMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IX C SMPN 2 INDRALAYA SELATAN
Abstract
Hasil belajar yang baik hanya dapat dicapai melalui proses pembelajaran yang efektif. Jika proses belajar mengajar tidak optimal maka sulit untuk mencapai hasil belajar yang baik, untuk mencapai optimalisasi pembelajaran maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IX C SMP N 2 Indralaya Selatan melalui pembelajaran kooperatifTipe Number Head Together (NHT). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus setiap siklus diadakan dua kali pertemuan. Langkah-langkah yang dilaksanakan berupa perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi untuk setiap siklus. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa dari pra penelitian 48,48% , siklus 1 : 69,70% , siklus II: 87,88%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v2i1.4555
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Herlina Herlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.