• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MORAL REASONING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG | Rosyada | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MORAL REASONING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

    Amrina Rosyada, Umi Chotimah, Sri Artati Waluyati

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan moral reasoning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 10 Palembang. Populasi adalahseluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Palembang berjumlah 415 orang. Teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 10 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisa data dengan menggunakan uji-t. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan moral reasoning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 10 Palembang. Hal ini terbukti dari hasil analisis rerata observasi keaktifan belajar di kelas eksperimen 80% sedangkan pada kelas kontrol 77%. Teknik analisa data menggunakan SPSS versi 21 untuk uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test. Dari hasil pengolahan data dan analisis hasil penelitian diketahui taraf keaktifan belajar siswa meningkat dengan kriteria sangat aktif yaitu uji-t menunjukan thitung > ttabel yaitu 4,844 >2.000. Oleh karena itu penerapan pendekatan moral reasoning dapat dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v2i1.4562

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2015 Amrina Rosyada, Umi Chotimah, Sri Artati Waluyati

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.