• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATAPELAJARAN PPKn DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG | Maulia | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATAPELAJARAN PPKn DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

    Siti Tiara Maulia, Alfiandra Alfiandra, Kurnisar Kurnisar

    Abstract


    Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi active knowledge sharing terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh siswa SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X IPS.1 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan X IPS.2 berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu berdasarkan pertimbangan tingkat indikator keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Statistik yang digunakan adalah statistik parametris melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Samples T-Test  dengan signifikansi α = .05. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. sebesar  .020 dengan demikian hipotsis Ha  di terima kebenarannya bahwa terdapat pengaruh dari penerapan strategi active knowledge sharing terhadap keaktifan belajar siswa  pada matapelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Hal ini terlihat pada perbandingan hasil uji hipotesis yaitu .020  terhadap α = .05, nilai sig. .020 < α = .05. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat memvariasikan strategi pembelajaran yang diterapkan, salah satunya dengan cara menerapkan strategi active knowledge sharing sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v2i1.4563

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2015 Siti Tiara Maulia, Alfiandra Alfiandra, Kurnisar Kurnisar

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.