PENGEMBANGAN PRODUK PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA ISPRING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG

Alfiandra Alfiandra, Mulkan Mulyadi HD

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mencobakan, mengevaluasi dan merevisi produk pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran (PPKn) berupa bahan ajar, Power Point Transparansi (PPT) dan soal soal latihan melalui pemanfaatan media perangkat lunak Ispring di SMK Negeri 2 Palembnag. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research). Model pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE yang dimodifiasi dengan Evaluasi Formatif dari Tessmer melalui tahapan : (1) Analisa Karakteristik Siswa, (2) Menetapkan tujuan pembelajaran, (3) seleksi materi, metode dan media, (4) merancang produk pembelajaran yang meliputi bahan ajar, PPT, video animasi dan soal soal latihan yang kemudian dipublish dengan menggunakan media perangkat lunak Ispring. Adapun prosedur yang dilalui mengikuti prosedur evaluasi formatif Tessmer yang prosedurnya meliputi :self evaluation, ekspert riview, one to one evaluation, dan fild test. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket.Pengolahan data analisa data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatatif. Target khusus yang ingin dicapai : (1) menghasilkan produk pembelajaran berupa bahan ajar, PPT, video animasi dan soal soal latihan mata pelajaran PPKn di SMK dengan menggunakan media Ispring , (2) meningkatkan kemampuan guru mengunakan teknologi informasi dan komunikasi (internet) sebagai media pembelajaran, (3) menganalisis dan menjelaskan keefektifan produk pembelajaran ini, dan (4) mencobakan produk pembelajaran ini pada siswa SMK. Hasil penelitian menunjukkan produk pembelajaran menggunakan media Ispring ini dinyatakan  valid oleh ahli sebagai validator, praktis setelah diuji cobakan melalui kegiatan one to one evaluation dan kegiatan small groupevaluation serta memilki dampak potensial terhadap motivasi belajar peserta didik setelah dilakukan uji lapangan atau field testpada siswa kelas XI Jurusan TKJ 1 SMK Negeri 2 Palembang.

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Alfiandra Alfiandra, Mulkan Mulyadi HD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

   

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.