KINERJA GURU PROFESIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN BANYUASIN I KABUPATEN BANYUASIN

Taufik Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru profesional dalam pembelajaran efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi adalah guru-guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin berjumlah 45 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, skala, pengamatan, quesioner, dan dokumentasi Berdasarkan hasil  analisis dan pembahasan terhadap kinerja guru professional dalam pembelajaran efektifdi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin tergolong sangat tinggi, yaitu rata-rata 2790,83 atau sebesar 92,84%. Kinerja guru dalam seluruh dimensi yang observasinya masuk dalam kategori sangat tinggi. Kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran sebesar 94,08%. Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran sebesar 93,31%. Kinerja guru pada pelaksanaan membuka dan menutup pembelajaran sebesar 93,42%. Kinerja guru pada pelaksanaan variasi stimulus pembelajaran sebesar 94,71%. Kinerja guru pada pelaksanaan keterampilan bertanya sebesar 92,08%. Kinerja guru pada pemberian penguatan sebesar 88,75%.

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.