KINERJA GURU PROFESIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN BANYUASIN I KABUPATEN BANYUASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru profesional dalam pembelajaran efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi adalah guru-guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin berjumlah 45 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, skala, pengamatan, quesioner, dan dokumentasi Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap kinerja guru professional dalam pembelajaran efektifdi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin tergolong sangat tinggi, yaitu rata-rata 2790,83 atau sebesar 92,84%. Kinerja guru dalam seluruh dimensi yang observasinya masuk dalam kategori sangat tinggi. Kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran sebesar 94,08%. Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran sebesar 93,31%. Kinerja guru pada pelaksanaan membuka dan menutup pembelajaran sebesar 93,42%. Kinerja guru pada pelaksanaan variasi stimulus pembelajaran sebesar 94,71%. Kinerja guru pada pelaksanaan keterampilan bertanya sebesar 92,08%. Kinerja guru pada pemberian penguatan sebesar 88,75%.
DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Taufik Taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.