UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN MELALUI PENERAPAN MODEL DILEMA MORAL PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI. IPS.1 SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU

Anton Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keberanian berpendapat dan mengambil keputusan melalui penerapan model dilema moral pada mata pelajaran PKn Kelas XI.IPS.1  SMA Negeri 1 Tanjung Batudilaksanakan sebagai upaya untuk evaluasi dan refleksi diri dalam proses pembelajaran di kelas,  dengan harapan dapat menemukan alternatif solusi memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. PTK dilangsungkan dengan tujuan untuk meningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Tanjung Batu dan memperoleh strategi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif  dan  menyenangkan dan menantang. Subjek penelitian ditentukan kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batu dengan teknik  pengumpulan data observasi, analisis dukumen, dan wawancara.Penerapan metode dilema moral terbukti dapat meningkatkan keberanian berpendapat dan mengambil keputusan dalam pembelajaran PKn, hal ini dibuktikan pada rekapitulasi partisipasi peserta didik dalampenerapan  metode dilema moral yaitu adanya peningkatan kualitas aktifitas peserta didik pada perlakuan siklus I dan II

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Anton Supriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.