UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN MELALUI PENERAPAN MODEL DILEMA MORAL PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI. IPS.1 SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keberanian berpendapat dan mengambil keputusan melalui penerapan model dilema moral pada mata pelajaran PKn Kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batudilaksanakan sebagai upaya untuk evaluasi dan refleksi diri dalam proses pembelajaran di kelas, dengan harapan dapat menemukan alternatif solusi memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. PTK dilangsungkan dengan tujuan untuk meningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Tanjung Batu dan memperoleh strategi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dan menantang. Subjek penelitian ditentukan kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batu dengan teknik pengumpulan data observasi, analisis dukumen, dan wawancara.Penerapan metode dilema moral terbukti dapat meningkatkan keberanian berpendapat dan mengambil keputusan dalam pembelajaran PKn, hal ini dibuktikan pada rekapitulasi partisipasi peserta didik dalampenerapan metode dilema moral yaitu adanya peningkatan kualitas aktifitas peserta didik pada perlakuan siklus I dan II
Copyright (c) 2016 Anton Supriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.