PEMEROLEHAN NILAI-NILAI TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 GELUMBANG)

Ira Nofianti, Umi Chotimah, Emil El Faisal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan nilai-nilai tanggung jawab siswa kelas XI melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka (studi kasus di SMA Negeri 1 Gelumbang). Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pramuka kelas XI yang berjumlah tiga puluh orang terdiri dari sebelas putra dan sembilan belas putri. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebelas orang yang memenuhi kriteria-kriteria dalam penelitian. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Uji keabsahan dilakukan dengan uji credibility, uji transfer ability, uji dependability dan uji confirmability.Teknik analisa data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa dari materi-materi yang ada dalam kegiatan latihan ekstrakurikuler pramuka, anggota pramuka dapat memperoleh serta dapat meningkatkan nilai-nilai tanggung jawab yang dimilikinya dengan melaksanakan tugastugas secara baik dan tepat waktu, melakukan tugas dan kewajiban sesuai ketentuan, lebih komunikatif, memiliki rasa saling tolong-menolong, peduli dengan kondisi lingkungan, memiliki sikap yang tegas serta bersedia menerima sanksi disaat melanggar peraturan.

Full Text:

PDF PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ira Nofianti, Umi Chotimah, Emil El Faisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.