PERSEPSI MASYARAKAT SERI TANJUNG KECAMATAN TANJUNG BATU TERHADAP KINERJA DPRD OGAN ILIR DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKANNYA

Tri Atika Hartatwati, Alfiandra Alfiandra, Emil El Faisal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Seri Tanjung kecamatan Tanjung Batu terhadap kinerja DPRD Ogan Ilir ditinjau dari tingkat pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Seri Tanjung yang dikelompokkan berdasarkan tingkat pendidikannya yang berjumlah 951 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 jiwa yang telah dikelompokkan berdasarkan tingkat pendidikannya, yaitu tingkat pendidikan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi (PT). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik disstratified random samplingdengan jumlah sampel 10% dari total populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji validity, uji reliability, uji normality, dan uji homogenity. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa persepsi masyarakat Seri Tanjung pada tingkat SD dengan persentase 44.27%,SMP 46.92%, SMA 70.58%, serta pada tingkat  PT 83.78%, maka dapat disimpulkan bahwa semakin tingggi tingkat pendidikan semakin positif persepsi yang diberikan, dan sebaliknya semakin rendah tingkat pendidikan semakin negatif persepsi yang diberikan.

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.