PERBANDINGAN KOMPETENSI PROFESIONAL ANTARA GURU LULUSAN PKn DENGAN GURU BUKAN LULUSAN PKn YANG MENGAJAR MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI KOTA PALEMBANG

Tri Shina Putri, Umi Chotimah, Emil El Faisal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kompetensi profesional antara guru lulusan PKn dengan guru bukan lulusan PKn yang mengajar mata pelajaran PKn di SMP Negeri Kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru lulusan dan bukan lulusan PKn yang mengajar matapelajaran PKn di SMPN Kota Palembang yang secara keseluruhan berjumlah 36 orang. Sampel pada penelitian sebanyak empat orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive samplingdengan pertimbangan guru tersebut yang belum disertifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Uji keabsahan data penelitian kualitatif yaitu dilakukan melalui uji credibility, ujitransferability, dan uji dependability. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa diperoleh persentase untuk kompetensi profesional guru lulusan PKn yaitu 86.10% dan guru bukan lulusan PKn yaitu 76.38%, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru lulusan PKn lebih baik dari kompetensi profesional guru bukan lulusan PKn yang mengajar mata pelajaran PKn di SMP Negeri Kota Palembang.

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.