MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn SEMESTER III DALAM PROSES PERKULIAHAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Umi Chotimah, Kurnisar Kurnisar, Husnul Fatihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa program studi PPKn Semester IIIdalam proses perkuliahan Belajar dan Pembelajaran melalui penerapan pendekatan saintifik, yang pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dengan jumlah subjek (mahasiswa) adalah 39 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, angket dan tes, dan dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan berbagai macam metode pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa semester III pada matakuliah Belajar dan Pembelajaran di program studi PPKn FKIP Universitas Sriwijaya. Selain itu untuk respon mahasiswa terhadap penerapan metode pembelajaran pendekatan saintifik pada matakuliah belajar dan pembelajaran ini adalah  “baik†hal ini ditunjukkan dengan data hasil angket yang didapat sebesar  80 % yang dapat dikategorikan baik. Disarankan kepada para dosen dapat menerapkan pendekatan saintifik, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan juga hasil belajar mahasiswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v2i2.4578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Umi Chotimah, Kurnisar Kurnisar, Husnul Fatihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.