PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.4 SMP N 10 PALEMBANG MELALUI PENERAPAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PEMBELAJARAN PKn

Yulia Daswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX.4 melalui penerapan model pembelajaran value clarification techique (VCT) tipe analisis nilai dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 10 Palembang. Berdasarkan hasil refleksi awal, ternyata rendahnya hasil belajar PKn kelas IX.4 SMPN 10 Palembang ini disebabkan karena kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan. Adapun subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IX.4 SMPN 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan test, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT tipe analisis nilai dapat meningkatkan hasil belajar PKn yang siswa kelas IX.4, hal ini terbuktipada akhir siklus kedua ternyata dari 30 orang peserta didik kelas IX.4, 26 orang diantaranya (86,7%)telah berhasil mencapai ketuntasan belajar yaitu 76,00.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v2i2.4580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.