PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PENGEMASAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP DAN SMA/SMK SE-KABUPATEN OGAN ILIR

Widya Miftahul Sholeha, Umi Chotimah, Kurnisar Kurnisar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa dalam melaksanakan program pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran di SMP dan SMA/SMK SeKabupaten Ogan Ilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pamong di SMP dan SMA/SMK Se-Kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah 137 guru pamong. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 guru pamong yang diperoleh menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik kuisioner/angket. Uji analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan terhadap data penelitian didapatkan persentase skor > 62.5% yaitu 78.1%, yang berarti bahwa guru pamong mempunyai persepsi positif terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa dalam melaksanakan program pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran di SMP dan SMA/SMK SeKabupaten Ogan Ilir.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i2.4595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.