KOMPETENSI GURU PPKn DALAM MENERAPKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI KOTA PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru PPKn dalam menerapkan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri kota Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru PPKn SMP Negeri kota Palembang yang berjumlah 155 orang. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah narasumber sebanyak enam orang guru PPKn. Data dikumpulkandengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data deskriptif kualitatif melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data melalui uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan terhadap data penelitian diketahui bahwa kemampuan guru menerapkan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri kota Palembang sudah baik, jika dilihat dari presentasenya yaitu delapan puluh empat koma lima sembilan persen (84,59%) artinya guru dapat menerapkan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v3i2.4596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Widiawati Widiawati, Alfiandra Alfiandra, Sri Artati Waluyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.