PEMAHAMAN GURU MENGENAI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATA PELAJARAN PPKn

Derry Nodyanto, Aim Abdulkarim, Kokom Komalasari

Abstract


Pemahaman Guru Mengenai Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mata Pelajaran PPKn. Penelitian ini membahas tentang pemahaman yang dimiliki oleh guru mengenai implementasi pendekatan saintifik dalam mata pelajaran PPKn pada  SMA Negeri di Kabupaten Bangka. Pemahaman tersebut dilihat dari beberapa aspek yaitu perbedaan pendekatan pembelajaran dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan pendekatan dalam kurikulum 2013, pengertian pendekatan saintifik, tujuan pembelajaran pendekatan saintifik, prinsip-prinsip pembelajaran pendekatan saintifik, langkah-langkah pendekatan saintifik, model-model pembelajaran dalam pendekatan saintifik, dan pentingnya pendekatan saintifik dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik wawancara. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian: pemahaman guru mengenai implementasi pendekatan saintifik dalam mata pelajaran PPKn adalah cukup, namun perlu ditingkatkan pada pemahaman pemilihan model-model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merekomendasikan kepada guru untuk lebih mempelajari pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam mata pelajaran PPKn.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan,

Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Universitas Sriwijaya.

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.