HAMBATAN GURU PPKN DALAM MENGKONVERSIKAN NILAI SKALA ANGKA MENJADI HURUF PADA KURIKULUM 2013 DI SMAN 1 INDRALAYA DAN SMAN 2 TANJUNG RAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru PPKn dalam mengkonversikan sistem penilaian dari skala angka menjadi skala huruf pada kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Indralaya dan SMA Negeri 2 Tanjung Raja mulai dari proses pembuatan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai, analisis dan interpretasi data hasil pengolahan nilai. Informan pada penelitian berjumlah tiga orang guru PPKn yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik wawancara dan observasi. Uji keabsahan data yang digunakan meliputi uji credibility, uji transperability, uji dependability dan uji confirmability. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data observasi yang dilakukan dapat diketahui bahwa diperoleh persentase 48% yaitu termasuk kategori kurang baik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v4i1.4602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Kurniasari Kurniasari, Sri Artati Waluyati, Kurnisar Kurnisar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.