PERBEDAAN NILAI NASIONALISME SISWA KELAS VIII YANG MELAKSANAKAN KEGIATAN UPACARA BENDERA DENGAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN KEGIATAN UPACARA BENDERA DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG

Pritia Putri Mentari, Emil El Faisal, Kurnisar Kurnisar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai nasionalisme antara siswa yang melaksanakan kegiatan upacara bendera dengan yang tidak melaksanakan kegiatan upacara bendera di SMP Negeri 15 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas A sebanyak 64 siswa dan kelas B sebanyak 61 siswa. Hasil uji Statistik Deskriptif Uji-T diperoleh nilai rata-rata kelas yang melaksanakan kegiatan upacara bendera sebesar 91.5781, dibulatkan menjadi 92. Kelas yang tidak melaksanakan kegiatan upacara bendera nilai rataratanya sebesar 77.8032, dibulatkan menjadi 78. Perbedaan kedua nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 13.7749, dibulatkan menjadi 14 dan hasil pengolahan uji hipotesis, diperoleh nilai Sig. 020 < α = .05 dengan kata lainHa diterima dan H0 ditolak,maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai nasionalisme yang signifikan antara siswa kelas VIII yang melaksanakan kegiatan upacara bendera dengan yang tidak melaksanakan kegiatan upacara bendera di SMP Negeri 15 Palembang,dengan demikian, perlakuan yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda pula.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan,

Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Universitas Sriwijaya.

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.