PENGARUH KETAATAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN JAM KE NOL TERHADAP PENINGKATAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Ririn Anggrini, Umi Chotimah, sri artati waluyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketaatan dalam mengikuti kegiatan jam ke nol terhadap peningkatan nilai-nilai religius pada siswa di SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 642 orang dengan sampel sebanyak 20% dari populasi atau sebanyak 127 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dan teknik dokumentasi. Dari hasil analisis data melalui uji regresi linier sederhana,  diperoleh nilai sig. sebesar  .000. Angka ini lebih kecil dari nilai ? = .05 (signifikansi 95%) atau dengan kata lain sig .000 < ? = .05.Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari ketaatan dalam mengikuti kegiatan jam ke nol terhadap peningkatan nilai-nilai religius pada siswa di SMA Negeri 11 Palembang dapat diterima kebenarannya atau dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga apabila ketaatan dalam mengikuti kegiatan jam ke nol ditingkatkan, maka nilai-nilai religius pada siswa pun akan meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v4i2.7879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.