• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PENGETAHUAN POLITIK BAGI SISWA KELAS XI MELALUI MATAPELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 3 PRABUMULIH | utami | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PENGETAHUAN POLITIK BAGI SISWA KELAS XI MELALUI MATAPELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 3 PRABUMULIH

    sundari utami, Umi Chotimah, alfiandra alfiandra

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan pengetahuan politik bagi siswa kelas XI melalui matapelajaran PKn di SMA Negeri 3 Prabumulih. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar kelas XI sebanyak 22 orang dan siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Prabumulih yang berjumlah 141 orang. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan pengetahuan politik pada saat proses pembelajaran matapelajaran PKn. Sampel diambil secara purposive sampling kemudian ditetapkan 32 siswa kelas XI. IA. 2 dan satu orang guru matapelajaran PKn kelas XI. Simpulan pada penelitian ini diketahui guru telah melakukan upaya dalam menanamkan pengetahuan politik melalui matapelajaran PKn, hal ini dibuktikan pada tahap perencanaan guru membuat RPP dengan mengembangkan materi ajar, menggunakan metode pembelajaran yang beragam dan relevan untuk menanamkan pengetahuan politik, menyiapkan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, dan membuat istrumen evaluasi berupa soal. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru melakukan upaya dengan mengangkat isu politik teraktual sebagai bahan belajar dengan menggunakan metode problem solving dan simulasi serta media pembelajaran yang relevan serta mengikutsertakan siswa secara langsung. Pada tahap evaluasi guru melakukan tes dengan memberikan soal tes, uraian serta skala sikap.

    Kata Kunci: Upaya guru, pengetahuan politik, pendidikan kewarganegaraan

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v4i2.7880

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 sundari utami, Umi Chotimah, alfiandra alfiandra

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.