PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK KNOW- WANT- LEARNED- HOW (KWLH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG

santi widiatuti, sri artati waluyati, kurnisar kurnisar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kolaboratif teknik Know- Want- Learned- How (KWLH) terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 45 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 45 Palembang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. 5  sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, dan tes. Dari data hasil tes yang didapatkan rata-rata untuk kelas eksperimen yang menerapkan teknik pembelajaran kolaboratif teknik Know- Want- Learned- How (KWLH) sebesar 80 sedangkan data hasil tes kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengajar berbalasan didapat nilai rata-rata sebesar 75. Kemudian dari hasil analisis melalui uji t-tes, Ho ditolak jika sign <? dari hasil analisis diperoleh sign = .000 dan ? = .05 karena sign< ?, maka Ho ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan itu terjadi karena ada perlakuan yang berbeda yang mengakibatkan pengaruh yang berbeda pula.

 

Kata Kunci: Teknik Pembelajar Know-Want-Learned-How (KWLH). Hasil,Belajar Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v4i2.7884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.