UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL DILEMA MORAL MATA PELAJARAN PPKn
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Upaya Meningkatkan Keberanian Berpendapat dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Dilema Moral dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI. IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batu Tahun 2018 ini berlatar belakang lemahnya kemampuan peserta didik untuk berpendapat dan berakibat pada rendahnya prestasi belajar. PTK ini dilakukan sebagai upaya untuk mengevaluasi dan merefleksikan diri dalam proses pembelajaran di kelas, dengan harapan dapat mengembangkan metode pembelajaran yang telah dilaksanakan dan sebagai solusi alternatif untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran, sehingga strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta menantang dapat direalisasikan. Sebagai subjek penelitian ditentukan kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batu dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan tes. Penerapan metode dilema moral terbukti meningkatkan keberanian berpendapat dan prestasi belajar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hal ini dibuktikan dalam rekapitulasi partisipasi dan prestasi belajar peserta didik pada perlakuan siklus I dan II
Kata kunci: Keberanian Berpendapat, Prestasi Belajar, Dilema Moral
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v5i2.7903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 anton supriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.