UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL DILEMA MORAL MATA PELAJARAN PPKn

anton supriyanto

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Upaya Meningkatkan Keberanian Berpendapat dan Prestasi Belajar  Melalui Penerapan Model Dilema Moral dalam Mata Pelajaran  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  Kelas XI. IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batu Tahun 2018 ini  berlatar belakang lemahnya kemampuan peserta didik  untuk berpendapat  dan berakibat pada rendahnya prestasi belajar. PTK ini dilakukan sebagai upaya untuk mengevaluasi dan merefleksikan diri dalam proses pembelajaran di kelas, dengan harapan dapat mengembangkan metode pembelajaran yang telah dilaksanakan dan sebagai solusi alternatif untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran, sehingga strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta menantang dapat direalisasikan. Sebagai subjek penelitian ditentukan kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batu dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan tes. Penerapan metode dilema moral terbukti meningkatkan keberanian berpendapat  dan prestasi belajar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hal ini dibuktikan dalam rekapitulasi partisipasi dan prestasi belajar peserta didik pada perlakuan siklus I dan II

 

Kata kunci: Keberanian Berpendapat, Prestasi Belajar, Dilema Moral

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v5i2.7903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.