STUDI IMPLEMENTASI MODEL LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMP NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

melati utami, Umi Chotimah, emil el faisal

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model lesson study berbasis sekolah pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang, yaitu satu kepala sekolah, dan dua guru mata pelajaran PPKn yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dalam hal ini adalah guru yang memang ahli dalam menerapkan model lesson study. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui bahwa implementasi model lesson study berbasis sekolah pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utara sudah baik, hal ini terbukti sesuainya tahap-tahapan lesson study yang sudah diterapkan  guru di kelas, seperti tahap Plan (perencanakan) guru sudah baik dalam merencanakan pembelajaran, Do (pelaksanaan) guru model sudah baik dalam mengajar, See (refleksi) kepala sekolah dan guru observer sudah baik dalam menyampaikan saran positif.

 

Kata kunci: Implementasi, Lesson Study, PPKn

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v5i2.7905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

  

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.