PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELESTARIAN TRADISI GURITAN DI DESA TANJUNG KURUNG ULU KECAMATAN TANJUNG TEBAT KABUPATEN LAHAT DI LIHAT DARI JENJANG PENDIDIKAN

veni afriani, Alfiandra alfiandra, emil el faisal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelestarian tradisi guritan di desa Tanjung Kurung Ulu Kecamatan Tanjung Tebat Kabupaten Lahat Dilihat Dari Jenjang Pendidikan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat desa Tanjung Kurung Ulu asli berjumlah 650 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik stratified proposional random sampling serta menentukan jumlahnya dengan menggunakan penarikan sampel 10% dari populasi penelitian yang diperoleh jumlah 65 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket (kuesioner). Berdasarkan hasil analisis dari kedua teknik pengumpulan data, dapat disimpulkan bahwa masyarakat memberikan persepsi yang positif terhadap pelestarian tradisi guritan. Hal ini terbukti dari hasil analisis data angket dimana skor rata-rata  persepsi masyarakat sebesar 83,09 yang lebih tinggi dari kriteria pengukuran persepsi sebesar 60 yang merupakan persepsi positif.

Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Pelestarian, dan Tradisi Guritan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v5i2.7910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

  

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.