Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen dalam Menggunakan E-Wallet Non Bank di Palembang

Iisnawati Iisnawati, Welly Nailis, Dessy Yunita

Abstract


Saat ini telah banyak diperkenalkan sistem pembayaran digital dengan menggunakan    e-wallet. Pada produk/jasa yang berhubungan dengan keuangan seperti e-wallet, kepercayaan konsumen terhadap perusahaan penyedia aplikasi dapat berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Hal yang menarik adalah aplikasi e-wallet yang berasal dari bank seperti Go Mobile by CIMB, Jenius dari bank BTPN saat ini belum mampu menggeser kedudukan       e-wallet nonbank seperti Gopay, OVO dan Dana.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empirik seberapa besar pengaruh persepsi resiko terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi e-wallet nonbank di kota Palembang melalui kepercayaan. Penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner ke 100 pengguna aplikasi e-wallet nonbank seperti GoPay, OVO dan Dana yang berdomisili di Palembang dengan teknik sampling non probability sampling. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan persepsi resiko konsumen dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan e-wallet non bank. Persepsi Resiko adalah faktor yang paling besar mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan e-wallet non bank.

Keywords


: e-Wallet, Non Bank, Persepsi Resiko, Kepercayaan, Keputusan Konsumen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbt.v18i2.14384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32 
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya 
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jembatan@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711)580231


p-ISSN: 0216-6836 e-ISSN: 2685-838X


 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah Manajemen 

oleh Jembatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Statistik Pengunjung