Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Brand Equity Obat Herbal Ekstrak Kulit Manggis “Mastin†(Studi Kasus Masyarakat Kota Palembang)

Dika Setiagraha, Zakaria Wahab, Welly Nailis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand awareness terhadap brand equity obat herbal ekstrak kulit Manggis Mastin. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel brand image (X1), brand awareness (X2), dan brand equity (Y1). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kausal. Populasi penelitian ini adalah masyarakat kota Palembang yang pernah melihat iklan atau informasi lain yang terkait tentang merek Mastin dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel brand image (X1) dan brand awareness (X2) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap brand equity (Y1). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel brand image (X1) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap brand equity (Y1), sedangkan variabel brand awareness (X2) tidak berpengaruh positif signifikan terhadap brand equity (Y1). Secara keseluruhan variabel brand image (X1) dan brand awareness (X2) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 39,6% terhadap brand equity (Y1), sedangkan 61,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: Brand Image, Brand Awareness, Brand Equity

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbt.v12i2.3088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32 
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya 
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jembatan@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711)580231


p-ISSN: 0216-6836 e-ISSN: 2685-838X


 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah Manajemen 

oleh Jembatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Statistik Pengunjung