KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN KERJA LABORATORIUM DITINJAU DARIKETERCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP, SIKAP DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMA
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanpembelajaranfisikadengankerja
laboratoriumditinjaudariketercapaianpemahamankonsep,sikapdisiplindantangungjawab siswaSMA.Populasipenelelitian iniadalahsiswakelasXSMANegeriMegangSakti,dengan sampel 2kelasMIA,yaitukelaseksperimenyangdiberikanperlakuanpengelajarandengan menggunakankerjalaboratoriumdankelaskontroldenganperlakuanpenmbelajarandengan demonstrasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaancapaianpemahamankonsep, sikapdisiplindantangungjawabsiswaantarapembelajarandengankerjalaboratoriumdan demonstrasi.Berdasarkanhasilujigain,pembelajranfisikadengankerjalaboratoriumlebihefektif dibandingkandengandemonstrasiuntukmeningkatkanpemahamankonsep,sikapdisiplindan tangungjawabsiswaSMA.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abrahams,I.,&Millar,R.(2008).Doespracticalworkreallywork?A studyoftheeffectivenessof
practicalwork asateaching andlearningmethodinschoolscience.InternationalJournalof
ScienceEducation,30(14),1945–1969.
Anderson,L.W.andKrathwohl,D.R.(eds).2002.ATaxonomyforLearning Teaching and
Assessing.ARevisionofBloom’sTaxonomyofeducationObjectives.NewYork:Addisin
Wesley.
Cigrik, E &Ozkan,M.(2015).TheInvestigationofTheEffectofVisitingScienceCenteron Scientific Process Skills.Procedia-Socialand BehavioralSciences,197,1312–1316.Collette,A.T& Chiappetta,E.L.(1994).ScienceInstructionInTheMiddleAndSecondarySchools.
Macmillan Publishing:USA.
Dillon,J.(2008).Areviewtheresearchon practicalworkin schoolscience.Retrievedfrom
http://www.score-education.org/downloads/practical_work/review_of_research.pdf.
Gardner,H.1999.Thediciplinemind:Whatallstudentsshouldunderstand.NewYork:Simon&
SchusterInc.
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10397
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :