KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN KERJA LABORATORIUM DITINJAU DARIKETERCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP, SIKAP DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMA

Sulistiyono Sulistiyono, Mundilarto Mundilarto, Heru Kuswanto

Abstract


Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanpembelajaranfisikadengankerja

laboratoriumditinjaudariketercapaianpemahamankonsep,sikapdisiplindantangungjawab siswaSMA.Populasipenelelitian iniadalahsiswakelasXSMANegeriMegangSakti,dengan sampel  2kelasMIA,yaitukelaseksperimenyangdiberikanperlakuanpengelajarandengan menggunakankerjalaboratoriumdankelaskontroldenganperlakuanpenmbelajarandengan demonstrasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaancapaianpemahamankonsep, sikapdisiplindantangungjawabsiswaantarapembelajarandengankerjalaboratoriumdan demonstrasi.Berdasarkanhasilujigain,pembelajranfisikadengankerjalaboratoriumlebihefektif dibandingkandengandemonstrasiuntukmeningkatkanpemahamankonsep,sikapdisiplindan tangungjawabsiswaSMA.

Keywords


pembelajaranfisika,pemahamankonsep,sikapdisiplin,tangungjawab.

References


Abrahams,I.,&Millar,R.(2008).Doespracticalworkreallywork?A studyoftheeffectivenessof

practicalwork asateaching andlearningmethodinschoolscience.InternationalJournalof

ScienceEducation,30(14),1945–1969.

Anderson,L.W.andKrathwohl,D.R.(eds).2002.ATaxonomyforLearning Teaching and

Assessing.ARevisionofBloom’sTaxonomyofeducationObjectives.NewYork:Addisin

Wesley.

Cigrik, E &Ozkan,M.(2015).TheInvestigationofTheEffectofVisitingScienceCenteron Scientific Process Skills.Procedia-Socialand BehavioralSciences,197,1312–1316.Collette,A.T& Chiappetta,E.L.(1994).ScienceInstructionInTheMiddleAndSecondarySchools.

Macmillan Publishing:USA.

Dillon,J.(2008).Areviewtheresearchon practicalworkin schoolscience.Retrievedfrom

http://www.score-education.org/downloads/practical_work/review_of_research.pdf.

Gardner,H.1999.Thediciplinemind:Whatallstudentsshouldunderstand.NewYork:Simon&

SchusterInc.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats