ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY

Wahyu Aji Pratama, Sri Hartini, Misbah Misbah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi digital peserta didik yang sangat kurang, sedangkan peserta didik memiliki fasilitas penunjang literasi digital namun tidak digunakan dalam menunjang literasi digital. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan menganalisis kemampuan literasi digital melaui penerapan e-learning berbasis schoology. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan melalui angket literasi digital. Hasil penelitian menunjukkan literasi digital diperoleh skor 43,93 berkategori kurang. Disimpulkan bahwa penerapan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum dapat melatihkan literasi digital namun keterlatihan literasi digital masih belum optimal.


Keywords


e-learning, schoology, literasi digital.

References


Damayanti, T., Made Yudhi Setiani, Boedhi Oetojo. (2007). E-learning pada pendidikan jarak jauh : Konsep yang mengubah metode pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.8 (2).

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Semarang. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 4(1).

Hanana, A. Yesi Puspita, Revi Marta dan Novi Elian. (2017). Pendidikan Media Literacy pada Siswa/Siswi SMPN 10 Padang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2).

Nasrullah, R., Aditya, W., P, T. I. S., Nento, M. N., Hanifah, N., Mifahussururi, & Akbari, Q. S.

(2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

OECD. (2015). Programme for International Student Assessment Result for PISA 2015. Retrieved August 10, 2018, from https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Putri, N., Jampel, N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesa, 2(1), 1–11.

Jatnika, Y. (2017). “Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa”. Majalah Pendidikan Keluarga.

Warsito, M. B., & Djuniadi, D. (2016). Pengembangan E-Learning berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. KONTINU: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1).

Widoyoko, S. E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran (IX). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats