• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY | Pratama | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY

    Wahyu Aji Pratama, Sri Hartini, Misbah Misbah

    Abstract


    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi digital peserta didik yang sangat kurang, sedangkan peserta didik memiliki fasilitas penunjang literasi digital namun tidak digunakan dalam menunjang literasi digital. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan menganalisis kemampuan literasi digital melaui penerapan e-learning berbasis schoology. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan melalui angket literasi digital. Hasil penelitian menunjukkan literasi digital diperoleh skor 43,93 berkategori kurang. Disimpulkan bahwa penerapan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum dapat melatihkan literasi digital namun keterlatihan literasi digital masih belum optimal.


    Keywords


    e-learning, schoology, literasi digital.

    References


    Damayanti, T., Made Yudhi Setiani, Boedhi Oetojo. (2007). E-learning pada pendidikan jarak jauh : Konsep yang mengubah metode pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.8 (2).

    Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Semarang. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 4(1).

    Hanana, A. Yesi Puspita, Revi Marta dan Novi Elian. (2017). Pendidikan Media Literacy pada Siswa/Siswi SMPN 10 Padang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2).

    Nasrullah, R., Aditya, W., P, T. I. S., Nento, M. N., Hanifah, N., Mifahussururi, & Akbari, Q. S.

    (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

    OECD. (2015). Programme for International Student Assessment Result for PISA 2015. Retrieved August 10, 2018, from https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

    Putri, N., Jampel, N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesa, 2(1), 1–11.

    Jatnika, Y. (2017). “Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa”. Majalah Pendidikan Keluarga.

    Warsito, M. B., & Djuniadi, D. (2016). Pengembangan E-Learning berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. KONTINU: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1).

    Widoyoko, S. E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran (IX). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10398

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats