• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • mariatogel
  • g200m
  • 55kbet
  • a200m
  • garudaslot
  • EFEKTIVITAS BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC MATERI TERMODINAMIKA | Ariani | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    EFEKTIVITAS BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC MATERI TERMODINAMIKA

    Tri Ariani

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah menggunakan bahan ajar Fisika berbasis scientific materi termodinamika dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan scientific materi termodinamika siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan subjek penelitian ini terdiri dari 27 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, tes, dan observasi. Persentase keseluruhan komponen bahan ajar adalah 84,81% (sangat baik). Persentase respon siswa terhadap bahan ajar berbasis scientific yaitu 82,55% (sangat baik). Selain itu dari hasil tes ulangan harian memiliki persentase keefektifan 88,89% (sangat baik) siswa yang memperoleh nilai di atas 70 dari 10 butir soal

     

    tes. Nilai thitung > ttabel dengan nilai thitung = 6,86 dan ttabel = 1,706. Hasil presentase rata-rata siswa dalam ranah afektif sebesar 89,35% (sangat baik) dan hasil presentase rata-rata siswa dalam ranah

     

    psikomotor sebesar 91,67% (sangat baik). Persentase respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan scientific yaitu 94,4% (sangat baik). Sehingga penggunaan bahan ajar berbasis scientific dapat dikatakan valid, praktis dan efektif.


    References


    Baroh, Chasniatul. 2010. Efektivitas Metode Simulasi dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Peluang di Kelas IX-A MTs Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Skripsi Pendidikan Matematika.

    Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava

    Media.

    Dimyanti & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

    Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.

    Bogor: Ghalia Indonesia.

    Kasmadi & Nia Siti Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung:

    Alfabeta.

    Nurfaidah., Junarti., & Rizal. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar di Kelas IV SD Inpres 15 Wara Pantoloan. Jurnal Kreatif Tadulako Online. No. 5 Vol. 5.

    Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

    Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Yuliyanti, T.E & A. Rusilowati. 2014. Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Berdasarkan

    Muatan Literasi Sains di Kabupaten Tegal. Unnes Physics Education Journal. No. 3 Vol 2, hal 68-72.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10402

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats