EFEKTIVITAS BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC MATERI TERMODINAMIKA

Tri Ariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah menggunakan bahan ajar Fisika berbasis scientific materi termodinamika dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan scientific materi termodinamika siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan subjek penelitian ini terdiri dari 27 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, tes, dan observasi. Persentase keseluruhan komponen bahan ajar adalah 84,81% (sangat baik). Persentase respon siswa terhadap bahan ajar berbasis scientific yaitu 82,55% (sangat baik). Selain itu dari hasil tes ulangan harian memiliki persentase keefektifan 88,89% (sangat baik) siswa yang memperoleh nilai di atas 70 dari 10 butir soal

 

tes. Nilai thitung > ttabel dengan nilai thitung = 6,86 dan ttabel = 1,706. Hasil presentase rata-rata siswa dalam ranah afektif sebesar 89,35% (sangat baik) dan hasil presentase rata-rata siswa dalam ranah

 

psikomotor sebesar 91,67% (sangat baik). Persentase respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan scientific yaitu 94,4% (sangat baik). Sehingga penggunaan bahan ajar berbasis scientific dapat dikatakan valid, praktis dan efektif.


References


Baroh, Chasniatul. 2010. Efektivitas Metode Simulasi dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Peluang di Kelas IX-A MTs Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Skripsi Pendidikan Matematika.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava

Media.

Dimyanti & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.

Bogor: Ghalia Indonesia.

Kasmadi & Nia Siti Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung:

Alfabeta.

Nurfaidah., Junarti., & Rizal. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar di Kelas IV SD Inpres 15 Wara Pantoloan. Jurnal Kreatif Tadulako Online. No. 5 Vol. 5.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Yuliyanti, T.E & A. Rusilowati. 2014. Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Berdasarkan

Muatan Literasi Sains di Kabupaten Tegal. Unnes Physics Education Journal. No. 3 Vol 2, hal 68-72.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats