• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENERAPAN EKSPERIMEN VIRTUAL PHET TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN POE2WE PADA TUMBUKAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS | Nana | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENERAPAN EKSPERIMEN VIRTUAL PHET TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN POE2WE PADA TUMBUKAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS

    Nana Nana

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan media virtual PhET terhadap model pembelajaran POE2WE pada tumbukan untuk melatih keterampilan proses sains. (2)Memberikan solusi atas keterbatasan sarana dan prasarana laboratorium dengan menggunakan media virtual PhET.(3) melakukan  Eksperimen untuk mencari kecepatan benda setelah tumbukan pada dua benda yang bertumbukan menggunakan media virtual PhET. Penelitian ini yaitu dengan menggunakan media virtual PhET yang merupakan pengganti alat laboratorium yang berbentuk perangkat lunak (software). Dalam melaksanakan penelitian tersebut, digunakan strategi model pembelajaran POE2WE yaitu model berbasis teknologi yang sesuai dengan penelitian ini. Komputer berbasis multimedia interaktif yang dioperasikan dengan komputer dan dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna berada pada laboratorium sebenarnya. Laboratorium virtual  untuk memberikan peningkatan secara signifikan dan pengalaman belajar yang lebih efektif berdasarkan waktu dan ruang. Melalui eksperimen virtual, secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktf, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, metode yang dilakukan yaitu studi eksperimen virtual yang merupakan proses penelitian menggunakan simulasi komputer untuk membantu memahami suatu pokok bahasan dan dapat memberikan solusi atas keterbatasan atau ketidakadaan perangkat di laboratorium dalam artian penulis mengambil data dari suatu aplikasi PhET sebagai multimedia virtual berbasis POE2WE untuk melakukan suatu penelitian dan pembelajaran.


    Keywords


    PhET, eksperimen virtual, POE2WE

    Full Text:

    PDF

    References


    Ambarsari, W., Santosa, S., & Mariadi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1), hlm. 81–95.

    Kristianti, A.A. 2012. Pembelajaran IPA Dengan Inkuiri Bebas Termodifikasi Menggunakan Lab Riil Dan Lab Virtuil Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Dan Gaya Belajar Siswa. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Fisika. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

    Nana, dkk. (2014). The Development Of Predict, Observe, Explain, Write, and Evaluate (POE2WE) Learning Model in Physics Leraning At Senior Secondary School- Journal Of Education And Practice- Vol.6 -No.19.

    Nana, dkk. (2014). Pengembangan Pembelajaran Fisika Sma Melalui Elaboration Write And Evaluation (Ewe) Dalam Kurikulum 2013.file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Packages/Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe/TempState/Downloads/28604-33334-1-PB.pdf

    Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. JIPF. 2019; 6(1) :62-69.

    Resmiyanto, Rachmad.(2017). Eksperimen Konseptual Tumbukan Benda 1 Dimensi Dengan Algodoo.Integrated Lab Journal ISSN 2339-0905. Vol. 05, No. 02.

    H Akhsan, K Wiyono, M Ariska, NE Melvany. Development of Higher-order Thinking Test Instrument on Fluid Material for Senior High School Students. J. Phys.: Conf. Ser. 1467 (2020) 012040 .

    Simbolon, Holden, Dedi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Rill dan Laboratorium terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 21, Nomor 3

    Sukandaru, Basuki, Fitria.2016.Pedoman Cerdas Fisika SMA.Depok:Huta Publisher.

    Sumarauw, dkk.(2017).Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi Phet dalam pembelajaran IPA. Jurnal penelitian pendidikan,vol.34, Nomor 1




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10912

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats