• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL HANDOUT UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI MATERI DINAMIKA SMA/MA | Samara | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGEMBANGAN TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL HANDOUT UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI MATERI DINAMIKA SMA/MA

    Ricky Azrofi Samara, Syuhendri Syuhendri, Muhammad Muslim

    Abstract


    Telah dilakukan penelitian pengembangan Teks Perubahan Konseptual berupa handout untuk pokok bahasan Dinamika yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket. Hasil analisis data pada tahap expert review diperoleh persentase rata-rata validasi ahli sebesar 3,94 (kategori valid), tahap one-to-one evaluation sebesar 84,20% (kategori praktis), dan pada tahap small group evaluation sebesar 77,77% (kategori praktis). Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan bahan ajar fisika berupa handout Teks Perubahan Konseptual untuk materi Dinamika yang valid dan praktis. Bahan ajar Teks Perubahan Konseptual ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan remidiasi miskonsepsi materi Dinamika.

    Full Text:

    PDF

    References


    Ahlif, U.F. (2014). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan simulasi komputer untuk mengurangi miskonsepsi siswa SMA pada materi dinamika gerak melingkar. Skripsi. UPI Bandung.

    Ozmen, H. (2007). The effectiveness of conceptual change texts in remidiating high school students’ alternative conceptions concering chemical equilibrium. Asia Pasific Education Reviem.8(3), 413-425.

    Posner, G. J., Strike,K.A., Hewson, P.W., & Gertzog,W.A. (1982). Accomodation of a scientific conception: toward a theory of conceptual change.http://tltjc.blogspot.co.id/2013/ 05/posner-toward-theory-of- conceptual.html. Diakses pada 1 Februari 2017

    Ariska, Melly, Akhsan, and H., Zulherman. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. JPFA. 2018; 8(2) :15-123.

    Prawiradilaga dan Siregar. (2008). Prinsip desain pembelajaran (instructional design principles). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

    Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung : Alfabeta.

    Santyasa, I.W. (2009). Teori pengembangan modul. Tersedia pada http:www.freewebs.com/santyasa/p df2/teori_modul.pdf. Diakses tanggal 01 Februari 2017.

    Sudjana, N. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar. Jakarta: CV Cipta Guna.

    Suparwoto. (2007). Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

    Susanti, E. (2004). Analisis kesalahan konsep fisika siswa pada pokok bahasan Hukum Ohm dan Hambatan di SLTPN 16 Palembang. Skripsi. Indralaya: Pendidikan Fisika FKIP Unsri.

    Syuhendri, S. (2017). A Learning Process Based on Conceptual Change Approach to Foster Conceptual Change in Newtonian Mechanics. Journal of Baltic Science Education, 16 (2), 228-240.

    Syuhendri, S. (2014). Konsepsi Alternatif Mahasiswa pada Ranah Mekanika: Analisis untuk Konsep Impetus dan Kecepatan Benda Jatuh. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1) , 56-67.

    Syuhendri, S. (2010). Pembelajaran Perubahan Konseptual: pilihan penulisan skripsi mahasiswa. Forum MIPA, 13(2), 133-140.

    Tessmer M. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page.

    Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Yuruk, N. (2007). The effect of supplementing instruction with conceptual change texts on students’ conceptions of electrochemical cells. J Sci Educ Technol, 16: 515–523.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10993

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats