PENGEMBANGAN E-MODUL SUHU DAN KALOR BERMUATAN KEARIFAN LOKAL MELALUI APLIKASI SIGIL

Mustika Wati, Rina Apriani, Misbah Misbah, Sarah Miriam, Saiyidah Mahtari

Abstract


Abstract

There is no physics e-module that contain between physics and local wisdom becames the background of the research. It is also the reason why the research is conducted to develop physics e-module of temperature and heat with local wisdom through sigil application. This research aimed to describe the appropriateness of e-module of temperature and heat material with local wisdom which was suitable to use in learning activity, with the special purposes of describing: 1) physics e-module validity, 2) practicality of physics e-module and 3) effectiveness of physics e-module. This research was the development study by using ASSURE development model. The samples of the subject were 19 student in X class of SMK in Banjarmasin city. The data was obtained from sheet validation, questioner of student’s response and the learning outcome. The result of the research showed that: 1) the validation was valid with the score 3,5, 2) the e-modul practicality categorized practice with the average score of 2,97 and 3) the effectiveness e-module had medium category with N-gain score 0,59. The conclusion of this research is e-module of temperature and heat material with local wisdom through sigil application is appropriate to use in learning activity.

Abstrak

Belum tersedianya e-modul fisika yang memuat kaitan antara materi fisika dengan kearifan lokal melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan e-modul suhu dan kalor bermuatan kearifan lokal melalui aplikasi sigil. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kelayakan e-modul suhu dan kalor bermuatan kearifan lokal berbasis sigil yang dikembangkan, dengan tujuan khususnya yaitu mendeskripsikan: 1) validitas e-modul fisika, 2) kepraktisan e-modul fisika dan 3) efektivitas e-modul fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ASSURE. Subjek uji coba adalah 19 orang siswa kelas X salah satu SMK di Kota Banjarmasin. Data diperoleh melalui lembar validasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas e-modul berkategori valid dengan nilai sebesar 3,5, 2) kepraktisan e-modul berkategori praktis dengan skor rerata yaitu 2,97 dan 3) efektivitas e-modul berkategori sedang dengan skor n-gain yaitu 0,59. Diperoleh simpulan bahwa e-modul suhu dan kalor bermuatan kearifan lokal berbasis sigil layak digunakan dalam pembelajaran.

 


Keywords


e-modul; kearifan lokal; sigil; suhu dan kalor; assure

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13–28.

Annur, S., Fahrunnisa, H., Salam, A., Mahtari, S., Misbah, M., & Dewantara, D. (2018). Using a physics module with local wisdom in physics learning to train students' independence. Seminar Nasional Fisika (SNF 2018, (22), 122-127.

Azizah, N., Indrawati, I., & Harijanto, A. (2014). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa kelas X . C. Pendidikan Fisika, 1(1), 235–241.

Bakhtiar, D. (2016). Bahan ajar berbasis kearifan lokal terintegrasi stm (sains, teknologi, dan masyarakat) pada mata pelajaran fisika. Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 651.

Budimah, B., Herpratiwi, H., & Rosidin, U. (2014). Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis karakter materi kalor SMP kelas VII di Bandar Lampung. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 1(1), 1–8.

Dewantara, D., Misbah, M., & Wati, M. (2020, January). The implementation of blended learning in analog electronic learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1422, No. 1, p. 012002). IOP Publishing.

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., & Sugihartini, N. (2018). Pengembangan e-modul berbasis mastery learning untuk mata pelajaran KKPI kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33–48.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan "instalasi jaringan lan (local area network)" untuk siswa kelas XI jurusan teknik komputer jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-9.

Fentiyani, R. (2018). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengembangan media virtual pada materi SOP penataan produk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( JPTN ),6(3), 50-54.

Gunawan, H. (2018). Efektifitas penggunaan e-modul terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional, 261.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Unpublished. [Online] URL: Http://Www. Physics. Indiana. Edu/~ Sdi/AnalyzingChange-Gain. Pdf, 16(7), 1073–1080.

Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313-317.

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An'nur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012045.

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The Development of Physics Teaching Materials Based on Local Wisdom to Train Saraba Kawa Character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130-137.

Hartini, S., Misbah, M., Helda, H., & Dewantara, D. (2017). The effectiveness of physics learning material based on South Kalimantan local wisdom. AIP Conference Proceedings, 1868(August). https://doi.org/10.1063/1.4995182.

Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2016). Pengembangan e-book berekstensi epub pada pembelajaran IPA SMP. Bioshell, 5(1), 298–305.

Hestari, S., Susantini, E., & Lisdiana, L. (2016). Validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran papan magnetik pada materi mutasi gen. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(1), 7-13.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Zoomable Presentation Berbantuan Software Prezi pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229-240.

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134.

Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109-114.

Misbah, M., Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. (2020). The Development and Validation of a Local Wisdom-Integrated Physics Module to Grow the Students’ Character of Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 1-7.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model ASSURE. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 43-44.

Santiya, U., Poiyo, P., Pomalto, S. W., & Arifin, Y. (2018). Pengembangan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan scientific berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran fisika siswa kelas XI SMA. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(1), 38-47.

Sarah, S., & Maryono, M. (2014). Keefiktivan pembelajaran berbasis potensi lokal dalam pembelajaran fisika SMA dalam meningkatkan living values siswa. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 02(01), 36–42.

Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi penggunaan teknologi dalam implementasi kurikulum di sekolah (persepektif teori konstruktivisme). Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8–15.

Suwariyasa, M., Suarjana, I. M., & Mahadewi, L. P. P. (2016). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan perkalian pecahan desimal pada siswa kelas V. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (2), 1-10.

Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.

Wati, M., Hartini, S., Lestari, N., An’nur, S., & Misbah, M. (2019). Developing a Physics Module Integrated with the Local Wisdom of Baayun Maulid to Build Wasaka Character. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). 7 (6S5), 720-724.

Wati, M., Putri, M. R., Misbah, M., Hartini, S., & Mahtari, S. (2020, January). The development of physics modules based on madihin culture to train kayuh baimbai character. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1422, No. 1, p. 012008). IOP Publishing.

Wati, M. (2016). Effectiveness physics module class X using cooperative learning model with a peer assessment. International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI), 199-202.

Wati, M., Misbah, M., & Lestari, P. A. (2016). The validity of physics module class X accompanied peer assessment peer in topic circular motion. International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI), 203-206.

Wati, M., Hartini, S., Lestari, N., An’nur, S., & Misbah, M. (2019). Developing a Physics Module Integrated with the Local Wisdom of Baayun Maulid to Build Wasaka Character. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). 7 (6S5), 720-724.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.11107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats