• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA FLUIDA BERBASIS LINGKUNGAN LAHAN BASAH | Zainuddin | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA FLUIDA BERBASIS LINGKUNGAN LAHAN BASAH

    Zainuddin Zainuddin, Misbah Misbah

    Abstract


    The research conducted aims to describe the effectiveness of fluid physics learning devices based on wetland environments. This research is a research and development, in which the researcher has developed a learning device with valid and practical categories to further examine the effectiveness of the device that was developed after conducting a field trial. The research instrument used was a learning achievement test which was reviewed through the results of the pretest and posttest. Learning tools developed are assessed for their effectiveness through the results of student learning outcomes tests. The analysis showed that the effectiveness of the device obtained an n-gain score of 0.68 in the medium category, therefore it can be said that the device developed was effective for use. It was concluded that the fluid physics learning device based on the wetland environment was categorized as effective so that the device developed was feasible to be used in the learning process.

    Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran fisika fluida berbasis lingkungan lahan basah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dimana peneliti telah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan kategori valid dan praktis untuk selanjutnya dilihat efektivitas perangkat yang dikembangkan setelah dilakukan ujicoba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar yang ditinjau melalui hasil pretest dan posttest. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinilai efektivitasnya melalui hasil tes hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis menujukkan bahwa efektivitas perangkat memperoleh skor n-gain sebesar 0,68 berkategori sedang, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa perangkat yang dikembangkan telah efektif untuk digunakan. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika fluida berbasis lingkungan lahan basah berkategori efektif sehingga perangkat yang dikembangkan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran.


    Keywords


    efektivitas; perangkat pembelajaran; fisika fluida; lahan basah

    Full Text:

    PDF

    References


    Afriani, R., Kade, A., & Supriyatman, S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal fisika tingkat analisis (C4). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 6(4), 33–38.

    Aini, N., Zainuddin, Z., & Mahardika, A. I. (2018). Pengembangan materi ajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan lahan basah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 264–277. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4919

    Anisah, A., Wati, M., & Mahardika, A. I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran getaran dan gelombang dengan model inkuiri terstruktur untuk siswa kelas viiia smpn 31 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1–12.

    Arends, R. (2013). Belajar untuk Mengajar Buku 2 (9 th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

    Baharudin, B. (2012). Pengembangan sumber belajar berbasis multimedia interaktif pada mata diktat memasang instalasi penerangan listrik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5, 219–227.

    Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., dan Krathwohl, D. R. (1956). The Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay.

    Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42–51.

    Hake. (1999). Analyzing change/gain scores. (Division D), 1–4.

    Hamzah, A., & Muhlisrarini, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

    Harefa, A. R. (2017). Pembelajaran fisika di sekolah melalui pengembangan etnosains. Jurnal Warta, 53, 1–18.

    Hidayati, A. (2015). Efektivitas handout suhu dan kalor berbasis model conceptual change teaching pada perkuliahan fisika dasar. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 2(1), 1–8.

    Irfan, I., & Karim, S. (2018). Potensi lahan basah (rawa) sebagai sumber energi listrik. Jurnal EEICT, 1, 35–40.

    Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul pembelajaran problem-based learning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 54–68.

    Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal karakter sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272–285.

    Ramadhani, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematia yang berorientasi pada model problem based learning. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (KREANO), 7(2), 116–122.

    Salam, A., Miriam, S., Arifuddin, M., & Ihsan, I. N. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis lingkungan bantaran sungai barito untuk melatih keterampilan proses sains siswa. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah 2016, 684–688.

    Saputri, D. F., Fadilah, S., & Wahyudi, W. (2016). Efektivitas penggunaan buku ajar fisika matematika berbasis inkuiri dalam perkuliahan fisika matematika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF), 2(2), 7–14.

    Selvia, M., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan bahan ajar fisika sma topik fluida berorientasi masalah lahan basah melalui pendekatan contextual teaching and learning ( CTL ). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 213–222.

    Sumantri, M. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Press.

    Suparwoto, S. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

    Zainal, F., Misbah, M., Hartini, S., & Zainuddin, Z. (2018). Identifikasi kearifan lokal kalimantan selatan sebagai sumber belajar fisika kelas x. Seminar Nasional Pendidikan Banjarmasin, 158–169. Banjarmasin.

    Zainuddin, Z., Afnizar, H. A., Mastuang, M., & Misbah, M. (2018). Developing a teaching material oriented to science and technology and local wisdom in wetland environment. 1st International Conference on Creativity, Innovation, Technology in Education (IC-CITE 2018), 274, 323–325.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.11158

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats