Let Them Teach: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIPADU PEER TUTORING MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A., Charli, L., & Fita, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal, 2(1), 11 – 17. DOI: https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.424
Arif., Wahyono, U., & Syamsu. (2017). Pengaruh Pembelajaraan Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Komputer terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 5(3), 16 – 20.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 182 – 189. DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717
Ariska, Melly. Analisis Dinamika Gasing Balik Tanpa Gesekan Dengan Syarat Awal Bervariasi Berbasis Reduksi Routhian. IPR. 2019; 2(2) :68.
Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika SMA. JIPF. 2019; 6(1) :62-69.
Budiningsi, A. C. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Fidan, M., & Debba?, M. (2018). The Usage of Video Blog (vlog) in the “school Experience” Course: The Opinions of the Pre-service Teachers at Bartin Univesity. Journal of Education and Futere, 13, 161-177.
Firman, H. (2015). Pendidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan, dan Peran Riset Pascasarjana. Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PKLH Program Pascasarjana, Universitas Pakuan.
Fitriyani, L., & Wiyatmo, Y. (2017). Pegembangan Media Pembelajaran VLOG (Video Blogging) pada Materi Usaha dan Energi untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Nngalik. E – Journal Pendidikan Fisika, 6(5), 427 – 435.
Harischa. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar dalam Model Cooperative Learning dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 5 Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Tadulako, Palu.
Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2015). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash dan Handout untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun Ajaran Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29-37.
Mayasari, M. E., Darmono, D. A., & Rochani, S. (2015). Penggunaan Audio Visual Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016. Sosialitas; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2), 1-11.
Octobrianta, R. A., & Utami, P. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Mind Map terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 124-130.
Pohan, D., & Simamora, P. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Newton. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(3), 45 – 53. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i3.1983
Priana, S. Y. R. (2017). Pemanfaatan VLOG Sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Teknologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa, 313 - 316.
Samuel, R. I., & Sambo, H. M. (2019). Effects of Peer Tutoring and Reversed Jigsaw Instructional Stategies on Senior Secondary School Sciens Students’ Interest and Achiement in Katsina State,Nigeria. International Journal of Innovative Social & Science Education Research, 7(1), 1-7
Sudjana, N. (2002). Metode Statistik. Bandung : CV Sinar Baru Algesindo.
Taher, A., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 456 – 461. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12256
Trianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektror di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 6(2), 51 – 60. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p51-60
Wahyono, U. (2013). Peningkatan Kualitas Perkuliahan Elektronika Dasar 2 Melalui Laboratorium Virtual Di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Tadulako. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 263 – 266.
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.11389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats