Let Them Teach: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIPADU PEER TUTORING MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALU

Riswan Riswan, Unggul Wahyono

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent control group design. Sampel dari penelitian ini diambil dari 2 kelas XI MIA SMA Negeri 1 Palu. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG dan kelas kontrol menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring tanpa media VLOG. Tes hasil belajar  yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 76,59 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 61,49. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh t_hitung=6,58 dan t_(0,0975(68))=2,00 pada taraf nyata a=0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Palu.

Keywords


jigsaw, peer tutoring, VLOG, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Amin, A., Charli, L., & Fita, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal, 2(1), 11 – 17. DOI: https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.424

Arif., Wahyono, U., & Syamsu. (2017). Pengaruh Pembelajaraan Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Komputer terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 5(3), 16 – 20.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 182 – 189. DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Ariska, Melly. Analisis Dinamika Gasing Balik Tanpa Gesekan Dengan Syarat Awal Bervariasi Berbasis Reduksi Routhian. IPR. 2019; 2(2) :68.

Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika SMA. JIPF. 2019; 6(1) :62-69.

Budiningsi, A. C. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Fidan, M., & Debba?, M. (2018). The Usage of Video Blog (vlog) in the “school Experience” Course: The Opinions of the Pre-service Teachers at Bartin Univesity. Journal of Education and Futere, 13, 161-177.

Firman, H. (2015). Pendidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan, dan Peran Riset Pascasarjana. Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PKLH Program Pascasarjana, Universitas Pakuan.

Fitriyani, L., & Wiyatmo, Y. (2017). Pegembangan Media Pembelajaran VLOG (Video Blogging) pada Materi Usaha dan Energi untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Nngalik. E – Journal Pendidikan Fisika, 6(5), 427 – 435.

Harischa. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar dalam Model Cooperative Learning dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 5 Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Tadulako, Palu.

Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2015). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash dan Handout untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun Ajaran Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29-37.

Mayasari, M. E., Darmono, D. A., & Rochani, S. (2015). Penggunaan Audio Visual Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016. Sosialitas; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2), 1-11.

Octobrianta, R. A., & Utami, P. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Mind Map terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 124-130.

Pohan, D., & Simamora, P. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Newton. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(3), 45 – 53. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i3.1983

Priana, S. Y. R. (2017). Pemanfaatan VLOG Sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Teknologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa, 313 - 316.

Samuel, R. I., & Sambo, H. M. (2019). Effects of Peer Tutoring and Reversed Jigsaw Instructional Stategies on Senior Secondary School Sciens Students’ Interest and Achiement in Katsina State,Nigeria. International Journal of Innovative Social & Science Education Research, 7(1), 1-7

Sudjana, N. (2002). Metode Statistik. Bandung : CV Sinar Baru Algesindo.

Taher, A., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 456 – 461. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12256

Trianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektror di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 6(2), 51 – 60. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p51-60

Wahyono, U. (2013). Peningkatan Kualitas Perkuliahan Elektronika Dasar 2 Melalui Laboratorium Virtual Di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Tadulako. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 263 – 266.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.11389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats